Luar Biasa! 7 Khasiat Teh Daun Bidara yang Jarang Diketahui

Luar Biasa! 7 Khasiat Teh Daun Bidara yang Jarang Diketahui

teh daun bidara --dungthuyvunguyen via pixabay.com

DISWAY JOGJA - Mungkin bagi sebagain orang, teh daun bidara merupakan hal yang masih terdengar asing. Namun semakin banyaknya orang yang sadar akan pentingnya hidup sehat, konsumsi teh herbal seperti teh daun bidara telah menjadi tren dikalangan masyarakat sekarang ini.

Daun bidara merupakan daun yang berasal dari pohon kecil yang biasanya tumbuh di daerah-daerah kering. Memiliki bentuk daun yang lonjong, sehingga membuatnya mudah untuk dikenali.

Daun bidara memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, hal ini tidak lepas dari banyaknya kandungan zat yang baik untuk tubuh di dalam daun bidara, seperti polifenol, siklopeptida alkaloid, saponin dammarane, dan juga berbagai vitamin, mineral, asam amino, serta asam lemak tak jenuh ganda.

Kandungan tersebut memberikan manfaat seperti antimikroba, anti-inflamasi, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA:10 Cara Menggunakan Daun Bidara untuk Menyembuhkan Penyakit

BACA JUGA:5 Khasiat Daun Bidara untuk Kulit Wajah yang Harus Anda Tahu, Mecegah Penuaan Dini Hingga Mengobati Jerawat

Berikut ulasan 6 manfaat teh daun bidara yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakay luas:

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Memiliki senyawa yang dapat menenangkan pikiran dan raga, teh daun bidara dapat bermanfaat untuk mengurangi stress dan kecemasan. Jadi, jika Anda sedang dalam kondisi stres dan cemas, coba lah untuk mengkonsumsi teh daun bidara untuk meredakan stres dan cemas yang dialami.

2. Menurunkan Kolesterol

Salah satu cara untuk menurunkan kolesterol adalah dengan mengkonsumsi serat larut dalam air. Jika Anda mempunyai kolesterol, cobalah untuk mengkonsumsi teh daun bidara.

Rebusan daun bidara memiliki serat larut dalam air yang cocok untuk penderita kolesterol. Teh daun bidara memiliki manfaat untuk mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membuangnya melalui feses.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Sifat diuretik yang dimiliki oleh daun bidara dapat melancarkan sistem pencernaan Anda. Dengan mengkonsumsi teh daun bidara secara rutin, permasalahan pada sistem pencernaan seperti sembelit maupun kembung dapat diminimalisir.

BACA JUGA:Segelas Daun Bidara: Menelusuri Keamanan dan Manfaat Minum Daun Bidara

BACA JUGA:Manfaat Daun Bidara untuk Penangkal Sihir, Santet, Serta Mengatasi Anak Nakal: Berikut Caranya

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat teh daun bidara selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kandungan antioksidan yang terkadung pada daun bidara dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif yang melemahkan fungsi imunitas tubuh.

Beberapa senyawa lain seperti saponin, flavonoid, dan polisakarida, dapat menjadi hal penting dalam peningkatan imun tubuh.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, teh daun bidara bisa dimasukan kedalam minuman pendamping pada diet Anda. Memiliki banyak protein dan serat yang cocok untuk diet.

Daun bidara akan memberikan rasa kenyang lebih lama dan membantu dalam pembakaran lemak dalam tubuh.

6. Membantu Mengatasi Gangguan Tidur

Kandungan flavonoid serta saponin yang terkandung dalam daun bidara terbukti dapat meningkatkan waktu tidur. Selain itu senyawa flavonoid juga dapat meningkatkan waktu yang dihabiskan pada tidur gelombang lambat dan tidur REM.

Jadi bagi Anda yang memiliki masalah pada jam tidur, mengkonsumsi teh daun bidara bisa menjadi solusi yang tepat.

7. Mengatasi Sariawan

Manfaat lain pada teh daun bidara adalah, mampu mengatasi sariawan dan masalah mulut lainnya. Hal ini tidak lepas dari kandungan antioksidan yang terdapat pada daun bidara.

Kandungan antioksidan yang terdapat pada daun bidara mampu menghalau bakteri yang bersarang di dalam mulut.

BACA JUGA:Kalian Harus Tau! Ini Dia 7 Bahaya Mengonsumsi Daun Bidara, No7 Bisa Menyebabkan Kerusakan Hati

BACA JUGA:Bingung Punya Daun Bidara? Ini Dia 7 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Tubuh

Demikianlah ulasan mengenai teh daun bidara, sudah tahu kan berbagai manfaat luar biasa bagi kesehatan yang terkandung pada daun bidara? Jadi, tunggu apalagi? Mulailah untuk mengkonsumsi teh daun bidara dan rasakan manfaat yang luar biasa bagi tubuh Anda. Selamat mencoba dan semoga sehat selalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: