Cara Pengajuan Kredivo Dengan Cepat dan Tepat, Pahami Langkahnya!

Cara Pengajuan Kredivo Dengan Cepat dan Tepat, Pahami Langkahnya!

kredivo--

DISWAY JOGJA - Sebenarnya, tak ada metode spesifik untuk mendaftar Kredivo dengan kecepatan persetujuan.

Dengan kata lain, bila Anda telah sering kali mengajukan namun belum diterima, sepertinya ada beberapa hal penting yang terlewatkan.

Inilah fungsi dan tujuan utama mengapa pada awalnya disarankan untuk menyiapkan nomor telepon dan alamat email baru yang belum pernah digunakan untuk mendaftar di Kredivo.

Di samping nomor telepon dan alamat email yang baru, jika diperlukan Anda juga dapat meminjam ponsel dari keluarga atau teman untuk menjalankan proses pendaftaran.

BACA JUGA:Ini Dia Solusi Mengatasi Shopee PayLater Tidak Muncul

Nah, untuk proses pendaftarannya sendiri, itu sama seperti sebelumnya, alias tidak ada yang luar biasa. Anda dapat mulai mengunduh aplikasi Kredivo dari Google Play Store atau App Store, tergantung pada jenis smartphone yang Anda gunakan.

Fasilitas kredit daring yang diberikan oleh Kredivo memang menawarkan proses pendaftaran yang lebih gesit dan gampang dibandingkan kredit konvensional.

Namun, ini bukan berarti setiap pengajuan akan selalu disetujui. Terdapat beberapa faktor yang membuat aplikasi Anda ditolak, salah satunya adalah ketidakmemenuhi syarat atau kelalaian dalam mengunggah dokumen.

Untuk itu, sebelum mendaftar, sebaiknya Anda kenal dulu beberapa informasi berikut.

BACA JUGA:Cara Menonaktifkan Layanan Shopee Paylater

Pastikan pengajuan Anda telah memenuhi syarat

Terkadang, syarat yang belum terpenuhi sering kali menjadi akar penyebab penolakan pengajuan seseorang, terutama berkenaan dengan persyaratan tempat tinggal.

Saat ini, layanan Kredivo telah mencakup 13 wilayah. Mereka yang ingin mendaftar harus berdomisili di salah satu dari kota-kota ini.

Jika alamat di KTP Anda berbeda dengan tempat tinggal saat ini, Anda masih dapat mendaftar Kredivo selama tempat tinggal Anda saat ini terletak di salah satu dari kota-kota yang disebutkan di atas.

Bagi yang belum familiar dengan syarat-syarat pendaftaran Kredivo, berikut rincian lengkapnya:

  1. Kewarganegaraan Indonesia
  2. Usia antara 18 hingga 60 tahun
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Lampung, Banjarmasin, Pontianak, Cilegon, Malang, Bontang, Tanjung Pinang, Metro, Dumai, Gowa, Maros, Banyuasin, dan Deli Serdang
  4. Penghasilan minimum Rp 3 juta per bulan

Akurasi dokumen dan data juga tak kalah penting

Kredivo dan kebanyakan fintech lainnya, bergantung pada data digital untuk mengukur risiko kredit dari calon peminjam. Berbeda dengan kredit konvensional yang memerlukan lampiran dokumen, yang kemudian akan diperiksa oleh para analis di kantor. Namun, kredit daring melibatkan proses verifikasi secara daring.

Seperti proses pengajuan Kredivo, yang mewajibkan Anda mengunggah dokumen dalam bentuk gambar, atau mengaitkan berbagai akun digital seperti media sosial dan e-commerce.

Oleh karena itu, hindari kesalahan kecil namun fatal yang kerap terjadi.

Misalnya, gambar dokumen kurang jelas sehingga sulit dibaca. Ketepatan data pada akun-akun yang dihubungkan juga penting, hindari menghubungkan akun e-commerce yang alamatnya tak tercakup oleh layanan Kredivo.

Perhatikan pula slip gaji dan arus keuangan Selain domisili dan usia, pendapatan juga menjadi salah satu syarat pendaftaran Kredivo.

Ketika melampirkan NPWP, pastikan penghasilan bulanan minimal Rp 3 juta. Meskipun Kredivo menetapkan batas penghasilan minimum, ini tak berarti calon pendaftar harus bekerja di kantor dengan gaji bulanan.

Pebisnis atau pekerja lepas juga dapat mendaftar, selama pendapatan bulanan yang tercatat dalam rekening yang dihubungkan memenuhi syarat minimum.

BACA JUGA:Berikut Risiko dan Solusi Keterlambatan Pembayaran 2 Bulan di Shopee Paylater!

Semakin besar penghasilannya, semakin tinggi pula peluang untuk mendapatkan batas kredit yang besar.

Di samping catatan penghasilan, kelancaran arus kas dan keterbebasan dari utang juga tak kalah penting. Ketika menghubungkan internet banking dan terdeteksi pengeluaran melebihi pendapatan, peluang pengajuan menjadi lebih kecil.

Apalagi jika terdapat utang yang belum dilunasi, sehingga kesehatan arus kas dinilai buruk.

Anda mungkin dianggap sebagai nasabah kurang dapat diandalkan karena tak mampu memenuhi kewajiban membayar utang secara disiplin.

Agar Kredivo dapat menilai sehat atau tidaknya arus kas bulanan, upayakan menghubungkan internet banking yang menjadi rekening gaji di mana pendapatan Anda diterima dan transaksi dilakukan.

Dengan mengikuti semua langkah di atas, peluang persetujuan semakin besar. Anda bahkan berkesempatan mendapatkan batas kredit maksimal hingga Rp 50 juta.

Jika berhasil mendaftar, Anda dapat langsung menikmati batas kredit untuk berbelanja di ribuan mitra usaha Kredivo atau menguangkannya. Jika pengajuan masih ditolak, jangan kecewa.

Periksa kembali semua syaratnya, ikuti 3 langkah di atas, dan daftar kembali setelah 3 bulan. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: