12 Rekomendasi Aksesoris Kamera DSLR, Fotografer Wajib Punya

12 Rekomendasi Aksesoris Kamera DSLR, Fotografer Wajib Punya

aksesoris kamera--Sprinter_Lucio via pixabay.com

DISWAY JOGJA - Bagi para penggiat fotografi, memiliki kamera DSLR seringkali tidak cukup tanpa dilengkapi dengan beberapa aksesoris tertentu.

Meski memang kamera DSLR adalah perangkat yang cukup kompendium dan amat bermanfaat, namun ternyata masih ada beberapa aksesoris tambahan yang bisa memberikan hasil lebih maksimal.

BACA JUGA:9 Macam Lensa Kamera dan Keunggulannya, Fotografer Pemula Wajib Tahu!

BACA JUGA:5 Ulasan Kamera Fujifilm X-T100: Menggenggam Kreativitas dalam Gaya

Berikut ini adalah 12 aksesoris yang dibutuhkan oleh setiap pengguna kamera DSLR.

1. Flash Eksternal

Aksesoris kamera DSLR pertama adalah Flash Eksternal, flash bawaan kamera DSLR memang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan penerangan dasar.

Namun, bagi pengguna kamera DSLR yang profesional, menggunakan flash eksternal dapat memberikan hasil yang lebih baik, terutama saat menangkap objek dalam kondisi pencahayaan yang kurang atau di malam hari.

2. Lensa Tambahan

Lensa adalah salah satu komponen terpenting dalam kamera dan memiliki peran penting dalam memfokuskan cahaya ke sensor kamera.

Seringkali, lensa yang disertakan dengan kamera DSLR tidak cukup fleksibel untuk semua jenis fotografi. Dalam hal ini, memiliki beberapa lensa tambahan bisa menjadi solusi.

3. Lens Cap

Lensa kamera bisa cukup mahal, jadi penting untuk melindungi investasi Anda.

Lens cap dapat melindungi lensa dari debu dan jamur, serta kerusakan fisik seperti benturan yang dapat merusak kualitas optik.

4. Kartu Memori Tambahan

Bagi para fotografer, terutama yang suka melakukan perjalanan, ruang penyimpanan tambahan selalu menjadi kebutuhan.

Sesuaikan kapasitas kartu memori dengan maksimal yang bisa di-handle oleh kamera Anda dan pastikan memilih kartu memori bertipe cepat agar pengambilan foto berjalan lancar.

5. Baterai Cadangan

Anda tidak mau kehabisan daya saat sedang menangkap momen penting, bukan? Oleh karena itu, bawa selalu baterai cadangan untuk kamera DSLR Anda.

Anda juga bisa memilih baterai dari pabrikan ketiga yang biasanya lebih murah.

6. Tripod

Untuk fotografi malam hari atau yang menggunakan shutter speed lambat, tripod adalah aksesoris yang tak bisa ditinggalkan. Pilihlah tripod yang kuat, stabil, dan mudah dibongkar pasang.

BACA JUGA:Ingin Beli Kamera? Ini dia 7 Rekomendasi Kamera Mirrorless Harga Rp.2 Juta Hingga 5 Jutaan

BACA JUGA:7 Fakta Unik Tentang Kamera Analog yang Mungkin Belum Kamu Tahu!

7. Kit Pembersih Kamera

Perawatan kamera adalah hal yang sangat penting. Untuk itu, milikilah perlengkapan pembersih seperti cairan pembersih sensor dan lap khusus lensa.

8. Shutter Release

Berguna untuk memotret dari jarak jauh atau menghindari getaran saat menekan tombol shutter. Shutter release ini ada model nirkabel maupun yang menggunakan kabel.

9. Filter Lensa

Filter lensa berfungsi tidak hanya melindungi lensa, tetapi juga mengubah karakteristik foto. Ada filter UV, polarisasi, dan ND yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri.

10. Vertical Grip

Accessories ini membantu menstabilkan grip kamera saat memotret dalam orientasi potret dan juga berfungsi sebagai baterai cadangan.

11. Tas Kamera

Terakhir, jangan lupa untuk melindungi investasi Anda dengan tas kamera yang baik. Pilihlah model yang nyaman digunakan dan bisa menampung semua peralatan Anda.

12. Memory Card Holder

Memory card seringkali menjadi momok yang merepotkan, mengingat ukurannya yang sangat kecil dan tipis sehingga rawan untuk terselip dan hilang.

Karenanya, perlu membawa Memory Card Holder yang biasanya didesain dengan beberapa slot di dalamnya khusus untuk menyimpan memory card.

Desainnya memudahkan kita untuk memasukkan dan mengambil memory card dengan aman.

Yang terpenting adalah pilihlah Memory Card Holder memiliki desain tipis sehingga mudah untuk dimasukkan ke dalam tas kamera.

BACA JUGA:Ini dia! 5 Deretan Rekomendasi Kamera DSLR Terbaik Indonesia 2023

BACA JUGA:Anti Lupa Foto, 5 Kamera DSLR ini Praktis dibawa Jalan-jalan!

Memahami fungsi dan manfaat dari masing-masing aksesoris kamera dslr ini dapat membantu Anda menentukan mana yang harus menjadi bagian dari perlengkapan kamera Anda. Namun, semua tergantung pada kebutuhan dan biaya yang Anda miliki. Selamat memotret!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: