Yuk Simak, Tips dan Trik Membersihkan Kamera HP yang Berembun di Dalam!

Yuk Simak, Tips dan Trik Membersihkan Kamera HP yang Berembun di Dalam!

Yuk Simak, Tips dan Trik Membersihkan Kamera HP yang Berembun di Dalam!--

DISWAY JOGJA - Pengguna smartphone perlu mengetahui cara membersihkan kamera HP yang ditumbuhi bagian dalam. Dalam kasus seperti itu, Anda dapat menanganinya dengan segera, mudah dan aman.

Kamera HP yang terlalu besar di dalamnya akan mempengaruhi kualitas foto yang Anda ambil. Gambar kamera tidak jelas atau bahkan tidak terlihat karena tertutup embun.

Ada banyak alasan mengapa kamera HP berkabut secara internal, mis. B. saat berada di dalam air atau kehujanan, masalah pada kaca kamera, housing HP tidak cukup tahan air dan kondisi dalam ruangan yang lembab.

Jika Anda mengalami masalah ini, Anda dapat mengikuti petunjuk untuk membersihkan bagian dalam kamera HP yang kembung. Jadi simak artikel ini sampai habis ya!

 BACA JUGA:Yuk Simak! Langkah-langkah untuk Memeriksa Keaslian Ponsel Anda Melalui Nomor IMEI

Cara membersihkan kamera HP dengan kondensasi

Dirangkum dari developer xda dan techwall, berikut cara membersihkan kamera HP yang ada embun di dalamnya. Anda dapat mengikuti petunjuk di bawah ini.

 

1. Matikan Ponsel Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan ponsel Anda. Ini akan membantu mencegah kerusakan pada kamera dan komponen lainnya saat Anda membersihkan lensa.

2. Gunakan gel silika

Jika Anda melihat embun di dalam kamera HP, keringkan HP untuk menghilangkannya. Cara paling mudah adalah dengan meletakkan ponsel di dalam wadah kedap udara yang diisi dengan silica gel.

gel silika adalah butiran kaca dari natrium silikat sintetik. Silica gel diyakini dapat menyerap kelembapan dengan baik.

Jika Anda tidak memiliki gel silika, Anda dapat memasukkan ponsel ke dalam beras. Beras dikenal mampu menyerap air dengan baik. Lakukan hal ini selama 24 jam untuk mengeluarkan air dari kamera HP saat ponsel dalam keadaan mati.

 

3. Gunakan Kondisi Lingkungan yang Ideal

Bawalah ponsel Anda ke dalam ruangan yang memiliki suhu yang lebih hangat dan kering. Biarkan ponsel beradaptasi dengan suhu tersebut sebelum Anda melanjutkan proses pembersihan.

 

4. Gunakan kain mikrofiber

Jika Anda tahu cara membuka casing ponsel, Anda dapat menggunakan kain mikrofiber yang lembut.Kain ini tidak akan merusak atau menggores lensa kamera Anda.

 

Lakukan ini perlahan masuk dan keluar dari kamera sampai air atau embun hilang. Pastikan Anda membersihkan lensa dengan lembut agar tidak menimbulkan masalah baru.

Jangan gunakan kain kering untuk membersihkan lensa kamera karena bersifat abrasif. Anda dapat menggores lensa jika menyeka air dari lensa kamera dengan kain kering.

 

5. Jangan pernah menggunakan pengering rambut

Anda dapat menggunakan pengering rambut atau mengeringkan telepon dengan alat penghasil panas untuk mengeringkan air di dalamnya.

Jelas ini berbahaya dan bisa merusak komponen kelistrikan di dalamnya. Oleh karena itu, hindari cara ini dan gunakan alternatif lain yang lebih aman.

 

6. Bawa ke pusat layanan

Jika Anda tidak dapat membuka bagian belakang ponsel Anda, jangan gunakan paksa dan bawa ke pusat layanan ponsel. Langkah ini bisa dilakukan jika cara memasukkannya ke dalam beras atau silica gel tidak membantu.

Cara membersihkan kamera HP yang tumbuh berlebihan di dalam. Ikuti tip di atas dan ingat untuk tidak menggunakan peralatan yang sangat panas seperti pengering rambut. Saya harap artikel ini membantu Anda dan semoga berhasil!

BACA JUGA:10 Kamera Keren untuk Mengabadikan Momen Berharga, Cocok Buat Kamu yang Suka Foto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: