Keindahan Alam Tersembunyi: Ini dia 8 Curug Menakjubkan di Tegal yang Wajib Kamu Coba

Keindahan Alam Tersembunyi: Ini dia 8 Curug Menakjubkan di Tegal yang Wajib Kamu Coba

Curug Putri--MusimWisata.my.id

DISWAY JOGJA – Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang kaya akan keindahan alamnya. Salah satu daya tarik alam yang menarik perhatian adalah curug, atau air terjun. Salah satu kawasan yang terkenal dengan keberagaman curugnya adalah Tegal, sebuah kota di Jawa Tengah. Dengan pesona alam yang memukau, Tegal menawarkan sejumlah curug yang patut dieksplorasi oleh para pencinta alam.

BACA JUGA:Pesona Keindahan Wisata Curug Putri di Bumi Jawa, yang Wajib Kalian Coba!

Berikut adalah daftar 8 Curug di Tegal yang layak untuk dikunjungi:

1. Curug Sentul Cawitali

Curug ini agak tersembunyi. Untuk akses menuju lokasi hanya memerlukan sekitar 5 menit jalan kaki menyusuri pemakaman umum, sawah, dan ladang yang miring dan lumayan terjal.  Tapi setelah sampai di bawah curug rasa lelah akan terbayar oleh keindahan curug sentul. Ketinggian curug ini sekitar 22 meter

Curug yang tidak vertikal ini cukup indah.  Bagi yang hobi panjat tebing, climbing atau rappeling, dinding curug yang bagus sering dipakai latihan oleh mereka yang hobi panjat tebing. Apalagi ada lubang yang menyerupai goa di balik dinding air, hal itu menjadikan curug sentul begitu eksotis.

Air Terjun Sentul Cawitali memiliki air terjun yang jernih dan sejuk. Pengunjung bisa merasakan sejuknya air saat berendam di kolam renang alami di kaki air terjun.

Lokasinya: Dusun Lemah Abang, Desa Cawitali, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal

2. Curug Pengantin

Wisata Curug Pengantin di Guci Tegal Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah guci juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Tegal juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya, salah satu contohnya adalah Wisata Curug Pengantin di Guci Tegal Jawa Tengah ini. lokasi dari Curug Penganten sendiri di atas Curug Luhur yang jaraknya sekitar 500 meter. Cukup berjalan kaki beberapa menit dengan melawan aliran sungai, kita sudah sampai di air terjun yang berjumlah dua buah ini.

Air terjun ini memiliki 2 air terjun. Kedua air terjun yang memercik ini terletak di cekungan yang sama. Sehingga kolam renang alami yang terbentuk cukup luas. Air sejuk dan jernih yang ditempatkan di kolam akan menarik bagi siapa saja yang bermain air atau sekadar mencuci muka. Tapi ingat, tidak ada yang diperbolehkan berenang di air terjun ini.

Lokasinya: Dusun Bandarsari, Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

3. Curug Kembar

Wisata Curug Kembar di Guci Tegal Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah guci juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tegal juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya, salah satu contohnya adalah Wisata Curug Kembar di Guci Tegal Jawa Tengah ini. karena terdapat dua buah curug yang posisinya berdekatan. Hampir mirip dengancurug penganten salah satu curugnya memiliki aliran air yang deras dan yang satunya tidak terlalu deras.

Curug Kembar Bumijawa memiliki air terjun yang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 5m. Tapi airnya jernih dan alirannya cukup deras. Apalagi, meski sebagian besar air di kawasan Guci sangat dingin, air di air terjun ini hangat.

Lokasinya ada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

BACA JUGA:10 Daftar Taman yang Bisa Anda Kunjungi untuk Menikmati Udara Segar dan Keindahan Alam Kota Tegal

4. Curug Luhur  

Wisata Curug Luhur di Bojong Tegal Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah bojong juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tegal juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya, salah satu contohnya adalah Wisata Curug Luhur di Bojong Tegal Jawa Tengah ini. Wisata Curug Luhur di Bojong Tegal Jawa Tengah berada di antara daerah Desa Sokasari, Kecamatan Bumijawa dan Desa Tuwel, Kecamatan Bojong (Dukuh Kopigandu) dan semuanya berada di Kabupaten Tegal ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter-an.

Suara gemericik air terjun Curug Luhur benar-benar menyegarkan pemandangan. Airnya jernih dan menyegarkan. Beberapa pengunjung terlihat bermain air dan mencuci muka untuk merasakan kesejukan air.

Tempat Wisata Air Terjun Luhur: Desa Kopigandu, Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

Operasi berjam-jam: 08.00 - 18.00 WIB

No. Telp: (0283) 491827

Tiket: Gratis

5. Curug Jejeg

Wisata Curug Jejeg di Bumijawa Tegal Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah jejeg juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tegal juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya, salah satu contohnya adalah Wisata Curug Jejeg di Bumijawa Tegal Jawa Tengah ini. Wisata Curug Jejeg di Bumijawa Tegal Jawa Tengah adalah nama panggilan dari curug yang memanglah belum bernama ini. Curug yang bersumber dari Kali Sier ini terdapat di Desa Jejeg, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, satu tempat yang tidak jauh dari jalan paling utama Desa Jejeg. Air terjun yang sejuk dan biru ini dikelilingi oleh dua batu besar. Keindahannya ditambah dengan pepohonannya yang rindang dan letaknya yang jauh dari pemukiman memberikan ketenangan khas daerah terpencil.

Objek wisata air terjun jejeg: Desa Jejeg, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Membuka: 24 jam

Tiket: gratis

6. Curug Pitu Margasari

Wisata Curug Pitu di Margasari Tegal Jawa Tengah merupakan alternatif wisata bagi anda yang menyukai petualangan dan kegiatan di alam bebas dengan pemandangan yang masih alami. Curug Pitu adalah rangkaian air terjun yang berlokasi diperbukitan Margasari dan dikelilingi oleh hutan yang masih alami. Sesuai namanya Curug Pitu memiliki tujuh air terjun bertingkat yang setiap tingkatnya memiliki daya tarik tersendiri. Pemandangan air terjun yang mempesona dapat menghilangkan penat setelah perjalanan. Lokasinya yang jauh dari pemukiman menjadikannya tempat yang cocok untuk mencari ketenangan.

Lokasi Wisata Curug Pitu: Kecamatan margasari, Kabupaten tegal, Provinsi jawa tengah.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata di Tegal yang Wajib Anda Kunjungi Saat Berkunjung ke Tegal

7. Curug Putri


Curug Putri--

Wisata Curug Putri di Bumijaya Tegal Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah bumijaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tegal juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya, salah satu contohnya adalah Wisata Curug Putri di Bumijaya Tegal Jawa Tengah ini. Wisata Curug Putri di Bumijaya Tegal Jawa Tengah merupakan tempat wisata alam berupa curug atau air terjun yang aliran airnya berasal dari Sungai Kalipedes yang berhulu di Gunung Slamet. Di permukaan tebing terdapat batuan beku yang terbentuk pada patahan yang biasa dikenal dengan kolom kekar. Hiasan alam yang terukir di tebing ini membuatnya sering dijadikan wisata geologi.

Tempat Wisata Curug Putri: Desa Dukuhbenda, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

8. Curug Cantel

Wisata air terjun di Tegal adalah Curug Cantel. Pepohonan yang rindang dan sejuknya angin akan menyapa pengunjung saat memasuki kawasan Curug Cantel. Air terjun setinggi 60 meter yang bertengger di perbukitan ini menambah kekuatan tempat wisata ini.

Tempat wisata Curug Cantel: Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

Operasi berjam-jam: 08.30 – 16.00 WIB

TELEPON GENGGAM. 0838 2375 0278

Tiket: Rp 5.000

 

Nah, Itu dia 8 Curug di Tegal yang layak untuk dikunjungi.

Semoga bermanfaat (*).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: