Simak! Mie Ongklok Makanan Legendaris Khas Wonosobo

Simak! Mie Ongklok Makanan Legendaris  Khas Wonosobo

ongklok --

DISWAY JOGJA-Mie Ongklok adalah mi rebus khas kota Wonosobo dan sekitarnya. Mie rebus ini dibuat dengan menggunakan kol, potongan daun kucai, dan kuah kental berkanji yang disebut loh. Mie ini banyak dijajakan di berbagai warung, rumah makan, maupun dijajakan keliling memakai gerobak di kota tersebut. Pendampingnya biasanya adalah sate sapi, tempe kemul, serta keripik tahu.

BACA JUGA:Simak! Mie Ongklok Makanan Legendaris Khas Wonosobo

Proses pertama adalah merebus mie dan sayuran (biasanya kucay). Setelah matang, kedua bahan ini kemudian ditiriskan menggunakan sebuah wadah. Proses penirisan ini dilakukan dengan cara digoyang-goyang yang menimbulkan bunyi ongklok-ongklok. Konon, dari sinilah nama mie ongklok berasal.

BACA JUGA:Lezat! Sauto Tegal Makanan Dengan Kuah Seger Banyak Disukai Semua Kalangan

Setelah itu, membuat bumbu ongklok. Bumbu ongklok terbuat dari bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, kamijara, salam, laos, garam, gula, dan vetcin. Semua bahan ini ditumbuk hingga halus lalu diberi air dan dicampurkan ke low (yang terbuat dari tepung kanji).

Mie, sayuran, serta tahu dan tempe goreng dimasukkan ke dalam sebuah mangkuk lalu disiram dengan bumbu ongklok. Sebagai pelengkap, diberi suwiran daging ayam dan bawang goreng. Saat dinikmati, biasanya masyarakat Wonosobo menyajikan mie ongklok bersama satu porsi sate sapi.

Satu porsi mie ongklok lengkap dengan sate sapi dijual dengan kisaran harga Rp20.000 sampai Rp30.000.

Penyajian Mie Ongklok khas Wonosobo sendiri juga tergolong cukup unik. Ada beberapa varian lauk yang disajikan bareng Mie Ongklok, diantaranya sate sapi, tempe kemul, dan geblek atau semacam makanan dari singkong. Ketika menyentuh lidah, kuah mie ongklok ini sangat segar. Kesegaran mie ongklok ini karena ada campuran ebi. Setelah dirasakan bersama lauknya, kelezatan pun bertambah.

Sate Sapi yang empuk dan tempe kemul yang renyah menyatu dengan rasa mie ongklok yang sedap dan segar. Hmmm rasanya sangat menggugah selera. Untuk harga Mie Ongklok sendiri sangatlah terjangkau, 1 porsi Mie Ongklok hanya Rp 10.000. Sedangkan untuk Sate Sapi harganya Rp 25.000 / porsi isi 10 tusuk sate sapi. Untuk Geblek dan Tempe Kemul seharga Rp 1.000 / bijinya. Jadi para penikmat kuliner ketika lewat Wonosobo tidak perlu khawatir, karena tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk menikmatinya. 

Jangan lupa kalau ke Wonosobo harus wajib menikmati hidangan khasnya yaitu mie ongklok yang memiliki cita rasa yang sangat unik.***

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jatengdaily.com