5 Gereja Unik di Indonesia, Ada yang Bentuknya Mirip Vihara!

5 Gereja Unik di Indonesia, Ada yang Bentuknya Mirip Vihara!

--

DISWAY JOGJA - Kristen adalah salah satu agama Abrahamik yang memiliki pemeluk paling banyak di Indonesia. Maka tak ayal, kamu akan menemukan banyak gereja yang tersebar di seluruh daerah Indonesia dan tentunya, memiliki kemegahan arsitektur yang menarik untuk dikunjungi.

Sejumlah gereja di Indonesia memiliki desain bangunan yang unik. Ada yang mengadopsi gaya Eropa hingga menyerupai kuil dan pura.

Daya unik bangunan gereja di setiap daerah ini juga dipengaruhi oleh ragam budaya khas lokal maupun budaya mancanegara, seperti Tiongkok, Eropa, bahkan India.

Gereja unik di Indonesia bisa menjadi destinasi wisata religi, di samping menjadi tempat ibadah. Merayakan Hari Raya Natal di gereja unik di Indonesia tentunya memberikan pengalaman tersendiri bagi umat Kristen dan Katolik.

BACA JUGA:5 Daftar Aliran Sesat Paling Berbahaya yang Pernah Ada, Nomor 5 Paling Terkenal!

Penasaran apa saja? simak ulasannya dibawah ini :

1. Gereja Blenduk, Semarang

Kota Semarang memang terkenal sebagai salah satu lokasi wisata arsitektur terbaik di Indonesia. Selain Lawang Sewu, Semarang juga memiliki gereja unik yang didirikan pada 1853 oleh Bangsa Portugis.

Lokasi bangunan ini berada di Jalan Letjend Suprapto No 32 Kota Lama Semarang dan bernama Gereja GPIB Immanuel. Bangunan gereja yang sekarang merupakan bangunan setangkup dengan facade tunggal yang secara vertikal terbagi atas tiga bagian.

Jumlah lantainya adalah dua buah. Bangunan ini menghadap ke Selatan. Gereja ini masih dipergunakan untuk peribadatan setiap hari Minggu. Di sekitar gereja ini juga terdapat sejumlah bangunan lain dari masa kolonial Belanda seperti Gedung Marba. Bangunan kuno ini juga sering menjadi salah satu tempat untuk foto foto Pre Wedding.

Desain interior dan eksteriornya gereja ini bergaya neo klasik yang dipengaruhi oleh budaya Eropa. Menariknya gereja ini dijuluki mblenduk dalam bahasa Jawa atau menggelembung oleh masyarakat lantaran bentuk atapnya seperti kubah setengah bola.

BACA JUGA:Mengupas Sejarah dan 4 Fakta Unik Masjid Istiqlal Jakarta yang Jarang Diketahui Banyak Orang

2. Gereja ST. Fransiskus Asisi Berastagi, Karo, Sumatera Utara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: