Cara Memilih Senar Gitar Akustik Dengan Tepat

Cara Memilih Senar Gitar Akustik Dengan Tepat

Diswayjogja--Pinterest

DISWAYJOGJA.ID - Senar gitar akustik memiliki dua macam jenis, string dan nylon. Kedua jenis senar gitar akustik tersebut digunakan tergantung dengan kebutuhan musik yang dimainkan. Kedua jenis senar gitar akustik tersebut juga memiliki keunggulannya masing-masing.

  Senar gitar menjadi elemen penting dari keberadaan gitar itu sendiri. Karena senar merupakan sumber suara pada alat musik petik tersebut. Bila tidak ada senar, sudah pasti gitar tidak akan mengeluarkan suara yang Indah. Berikut kami berikan tips memilih senar gitar yang baik.

  Kalau kamu memiliki gitar akustik, tentu saja kamu wajib mengecek senarnya secara berkala. Pastikan kualitas senar gitar akustik kamu masih bagus. Karena, semakin baik kualitasnya, maka semakin bagus juga suara yang dihasilkan oleh gitar akustik tersebut.

  Jika kamu berniat mengganti senar gitar akustikmu dalam waktu dekat, maka kamu wajib tahu cara memilih senar gitar akustik yang bagus. Dengan mempelajari tips-nya, maka kamu bisa mendapatkan senar berkualitas dan juga bisa menghasilkan suara yang kamu inginkan pada gitar akustikmu.

BACA JUGA:9 Genre Musik Beserta Pengertianya Yang Perlu Anda Ketahui

Cara memilih senar gitar akustik yang benar

 

  Memilih senar yang benar bisa didasarkan pada kebutuhan permainanmu. Jadi kamu harus cermat untuk memilih senar gitar akustik mana yang cocok untuk kamu gunakan disesuaikan dengan musik yang kamu mainkan.

  

Berikut cara memilih senar gitar akustik yang tepat:

 

1. Pilih berdasarkan ukuran

 

  Bila kamu perhatikan, dalam bungkus senar gitar biasanya tertulis ukuran senar 0.010, 0.011, 0.012 dan lain-lain. Ukuran tersebut adalah ukuran diameter senar dalam inch ("). Ukuran senar berpengaruh pada seberapa kuat jari kita menekan senar tersebut, teknik yang kita mainkan, dan warna suara yang diinginkan. Jadi, pastikan kamu memilih ukuran yang sesuai. Senar yang paling banyak digunakan adalah yang berukuran 0,9 karena tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal. Ukuran ini juga empuk dan bisa menghasilkan nada standar yang indah.

 

2. Perhatikan tension

 

  Untuk kamu ketahui, tidak semua kemasan senar ada profil tension senarnya. Masing-masing merek senar berbeda-beda tensionnya. Kamu harus pastikan dulu mana yang sesuai. Selain itu, senar nilon sizenya lebih besar dibanding steel, tapi tensionnya lebih rendah. Jari kamu akan terasa lebih ringan saat memainkan senar nilon ketimbang steel. Tension senar juga akan mempengaruhi volume suara yang dihasilkan senar.

BACA JUGA:8 Tips Belajar Gitar Bagi Pemula, Paling Sederhana Dan Mudah!

3. Bahan senar

 

  Bahan senar akan berpengaruh besar pada akustik warna suara dan timbre yang kamu inginkan. Biasanya, bahan senar yang digunakan adalah 80/20 Bronze dengan warna suara lebih bright. Selain itu ada phosphor bronze , dengan warna suara brilliance. Lalu ada silk steel, warna suaranya lebih mellow. Terakhir ada flat tops , yang punya warna suara mellow, sedikit bright di senar 1 dan 2.

 

4. Amati tentang coated

BACA JUGA:3 Rekomendasi Gitar Akustik dan 5 Perawatan Gitar Akustik, Wajib Kalian Tahu, Apalagi Orang yang Suka Musik

  Jika pada kemasan senar tertulis coated, artinya senar tersebut memiliki bahan pelapis yang melapisi permukaan bahan senar utama untuk melindungi senar dari karat. Senar dengan coated cocok buat tempat bermain gitar yang ruangannya lembab dan juga buat jari kalian yang mudah berkeringat. bahan coated string yang tahan lama. Senar ini tak mudah karatan sehingga kamu tak perlu sering-sering mengganti senar. Bahan senar semacam ini memiliki karakter suara yang lebih tenang.

 

  Sebelum mengakhiri tulisan ini sebenarnya hal yang sangat penting dalam memilih senar adalah standarisasi dari diri pemusik masing-masing, dari tingkat kenyamanan maupun harga yang lebih terjangkau. Demikian 4 cara memilih senar gitar akustik yang kami sajikan. Sampai jumpa, Semoga Bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dunia musik