Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Yang Perlu Diketahui

Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Yang Perlu Diketahui

diswayjogja--pinterest

DISWAYJOGJA.ID - Negara kita terkenal kaya akan budaya dan tradisi, dari ragam bahasa, adat istiadat serta budaya. Dari hal tersebut akhirnya terciptalah kesenian adat yang mewakili setiap daerah di Indonesia.

 Alat Musik Tradisional termasuk warisan budaya yang ada di Indonesia yang harus delestarikan secara turun-temurun.

 Sebagai pengantar, mari kita ketahui bersama apa sih alat musik tradisional itu? Alat musik tradisional adalah sebuah instrumen musik atau alat musik yang menjadi ciri khusus suatu daerah yang diwariskan secara turun-temurun.

 Alat musik tradisional diciptakan di daerah tertentu, sehingga nama dan bentuknya pun berbeda-beda di setiap daerah. Meskipun terdapat beberapa alat yang hampir sama dalam bentuknya, pasti tetap selalu ada perbedaan. Bisa dari nama penyebutanya ataupun cara memainkanya.

BACA JUGA:7 Pengertian Musik Menurut Para Ahli

Berikut Kami Sajikan Sebagian Alat Musik Tradisional Yang Berasal Dari Jawa Tengah:

 

1. Demung (Jawa Tengah)

 

 Demung adalah alat musik pukul tradisional yang termasuk dari bagian gamelan. Fungsi demung yaitu sebagai penghias lagu. Demung terdiri atas dua jenis yaitu demung nada pelog dan demung slendro.

 

2. Siter (Jawa Tengah)

 

  Siter termasuk alat musik pendukung dari gamelan. Siter terbuat dari kayu dan memiliki 12 nada yang disetel dengan senar. Siter dimainkan dengan cara dipetik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dunia musik