Ini dia 7 Tips Mulai Gaya Hidup Frugal Living Biar Tak Terlilit Utang

Ini dia 7 Tips Mulai Gaya Hidup Frugal Living Biar Tak Terlilit Utang

Ini dia 7 Tips Mulai Gaya Hidup Frugal Living Biar Tak Terlilit Utang--

DISWAY JOGJA - Gaya hidup hemat atau hidup hemat adalah salah satu opsi untuk menentukan prioritas keuangan dan mengatur pengeluaran. Namun, beberapa orang yang terbiasa dengan lingkungan gaya hidup mewah mungkin merasa tertekan untuk beradaptasi dengan hidup hemat.

Jika menjaga penampilan adalah hal yang penting bagi Anda, ada beberapa cara untuk memulai hidup hemat tanpa terperangkap dalam hutang.

Berikut adalah 7 tips untuk mengurangi pengeluaran besar dan memulai hidup hemat.

 

1. Hapus Pembayaran Bulanan

Sebelum Anda bisa membeli semua barang yang akan mengesankan teman dan tetangga Anda, Anda perlu mengatur anggaran Anda. Cara paling sederhana untuk melakukannya adalah dengan menghapus pembayaran bulanan.

"Terkadang, pembayaran bulanan diatur dengan otomatis, yang memudahkan untuk menghindari ketinggalan pembayaran, tetapi biayanya akan lebih tinggi jika Anda lupa," kata Rebecca Gramuglia, ahli konsumen di TopCashback.com.

 

2. Beli Asuransi Terbaru

Polis Asuransi adalah bidang lain di mana Anda dapat menemukan simpanan untuk menyediakan dana untuk pembelian prioritas.

"Periksa polis asuransi Anda untuk memastikan Anda memiliki jumlah yang sesuai dan bandingkan penawaran gratis secara online untuk mendapatkan perlindungan terbaik dengan harga lebih murah," demikian saran dari ahli keuangan pribadi, Laura Adams.

Perubahan usia atau situasi Anda dapat memungkinkan tarif yang lebih rendah, atau dalam beberapa kasus, perusahaan asuransi baru dapat beralih ke pasar dan memberikan premi yang lebih kompetitif.

Menggunakan agen asuransi yang bekerja dengan banyak penyedia dapat menjadi cara mudah untuk mendapatkan dan membandingkan penawaran dari beberapa perusahaan.

 

3. Mengurangi Biaya Resep

Bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan serius atau kronis, biaya pengobatan bisa meningkat. Menyimpan uang tanpa mengorbankan kesehatan Anda dengan mencari obat generik dan memanfaatkan potongan harga.

"Jika memungkinkan, bekerja sama dengan dokter Anda untuk mengidentifikasi pilihan obat generik," kata Ramzi Yacoub, kepala apoteker untuk SingleCare, layanan pengurangan biaya resep.

"Mereka sama efektifnya dengan obat-obatan merek dan hanya sebagian kecil dari biayanya," ungkapnya.

Mengisi resep selama 90 hari, bukan 30, juga bisa menghemat uang dan meningkatkan kepatuhan minum obat sesuai petunjuk, menurut Yacoub. Langkah ini juga bisa membuat seseorang lebih sehat dan menurunkan biaya perawatan kesehatan secara keseluruhan.

 

4. Membeli Barang Preloved

Dari pakaian desainer hingga mobil mewah, Anda dapat membeli barang berkualitas tinggi dengan harga lebih terjangkau hanya dengan memilih barang preloved.

Jika Anda ingin membeli mobil, perlu diingat bahwa mobil baru mengalami depresiasi yang signifikan di tahun pertama, artinya ada kesepakatan yang bisa ditemukan jika Anda bersedia membeli sesuatu yang sudah dimiliki sebelumnya. Dalam banyak kasus, model tidak banyak berubah dari tahun ke tahun, sehingga usia kendaraan tidak selalu terlihat oleh orang lain.

 

5. Mulai Sewa, Alih-Alih Membeli

Kadang-kadang Anda hanya perlu memanfaatkan suatu barang sebentar saja untuk memberikan kesan yang positif. Dalam situasi ini, pertimbangkanlah untuk menyewa daripada membeli.

Anda bisa menyewa pakaian desainer, atau mencoba mencari layanan sewa pakaian ibu hamil yang trendy. Terdapat juga perusahaan sewa perlengkapan bayi, perhiasan, dan tas tangan.

 

6. Beli pada Saat yang Sesuai

Apabila Anda benar-benar ingin memperoleh sesuatu, carilah informasi mengenai kapan waktu terbaik untuk membelinya. Terdapat siklus penjualan yang memungkinkan konsumen untuk memprediksi saat harga barang kemungkinan akan lebih rendah, dan beberapa kategori produk cenderung mengikuti pola harga tertentu.

Sebagai contoh, produk kesehatan dan kebugaran sering kali lebih terjangkau pada bulan Januari, harga properti biasanya mencapai titik tertinggi pada musim panas, dan minggu-minggu menjelang Black Friday pada bulan November umumnya menjadi waktu yang ideal untuk membeli perangkat elektronik.

 

7. Beli Barang dengan Kualitas Terbaik

Selain membeli pada waktu yang tepat, berhati-hatilah dalam membelanjakan uang Anda.

Membeli barang mahal yang akan sering Anda gunakan bisa lebih murah secara keseluruhan dibandingkan jika Anda akhirnya membeli serangkaian barang murah yang tidak bisa digunakan dalam jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: