Beberapa Dampak Pinjol Untuk Kita Semua, Nomor 3 sih Kita Bingung Sekali Mengembalikan Uang nya

Beberapa Dampak Pinjol Untuk Kita Semua, Nomor 3 sih Kita Bingung Sekali Mengembalikan Uang nya

Pinjol--

DISWAY JOGJA - Banyak berita soal dampak negatif pinjaman online belakangan di 2022. Tapi, to be fair, agar adil, kita tidak boleh menutup mata atas dampak positif pinjol. Kali ini, kita akan kupas dampak pinjaman online, dari dua belah sisi, positif dan negatif.

Dampak Pinjaman online menawarkan banyak kemudahan, seperti proses pengajuan cepat, syarat mudah dan cukup dilakukan lewat ponsel. Namun, belakangan muncul dampak negatif pinjaman online , seperti pinjol ilegal, penagihan gagal bayar, bunga pinjol selangit.

Untuk mendapatkan, gambaran yang utuh, tidak sepotong - sepotong, kami coba telusuri apa saja dampak pinjol fintech. Kita mulai dari dampak positif dan lanjut ke dampak negatif

 

Daftar Dampak Pinjaman Online (Positif Negatif) adalah:

Dampak Positif Pinjaman Online

Dari pengalaman menggunakan dan ngobrol dengan pengguna, kita bisa simpulkan ini keuntungan pinjol:

 

A. Proses Mudah, Tanpa Jaminan

Kemudahan dalam proses pengajuan. Cukup unduh aplikasi, foto selfie serta KTP dan isi form.

Tidak dibutuhkan jaminan untuk mengajukan pinjaman ini. Cocok untuk memenuhi kebutuhan darurat yang menuntut proses pinjaman uang mudah tanpa syarat yang bertele-tele.

 

B. Izin, Terdaftar dan Diawasi OJK

Aplikasi pinjaman terpercaya yang sudah terdaftar, izin dan diawasi OJK. Keberadaannya legal dan resmi.

Memiliki alamat kantor yang jelas sehingga bisa dihubungi jika terjadi apa-apa. Eksistensinya jelas.

 

C. Tidak Diminta Slip Gaji

Pinjaman online ini tidak meminta slip gaji dalam proses pengajuan pinjaman. Ini berbeda dengan umumnya pinjaman lain di fintech, apalagi bank, yang mewajibkan konsumen mengirimkan dokumen slip gaji.

Tidak dimintanya slip gaji, tentu saja, mempermudah proses pengajuan buat konsumen.

 

D. Hanya Butuh KTP Saja, Bisa Cair

Kami pernah mencoba dan mengalami bahwa pengajuan cukup dengan hanya menyampaikan KTP di pinjaman online, dan pengajuan disetujui cair.

Luar biasa, mudahnya. Berbeda sekali dengan pengalaman mengajukan kredit di KTA atau kartu kredit.

 

E. Bisa Instan Langsung Cair dalam 3 Menit

Tidak hanya syarat yang mudah, hanya KTP saja, tetapi juga proses persetujuan yang cepat.

Kami pernah mencoba di salah satu pinjol daan mendapatkan persetujuan dalam waktu 3 menit sejak selesai mengisi form aplikasi. Betul, 3 menit, persetujuan yang instan.

 

F. Sebagian Tanpa BI Checking

Tidak semua, tapi diduga ada sebagian besar pinjaman online yang tidak mengecek ke BI checking dan tidak melaporkan nasabahnya ke BI Checking.

 

Dampak Negatif Pinjaman Online

Pinjaman online adalah salah satu bentuk pinjaman yang dapat diakses secara mudah melalui platform digital. Meskipun pinjaman online bisa memberikan kemudahan dalam mendapatkan dana dalam waktu singkat, namun juga memiliki beberapa dampak yang perlu diperhatikan, antara lain:

 

1. Bunga dan Biaya Tinggi

Beberapa platform pinjaman online sering kali menetapkan bunga dan biaya administrasi yang tinggi. Jika tidak dikelola dengan baik, hal ini dapat menyebabkan beban finansial yang berat bagi peminjam.

 

2. Peningkatan Risiko Overlending

Kemudahan akses dan proses cepat dalam pinjaman online bisa membuat seseorang mudah tergoda untuk melakukan overlending atau meminjam lebih dari kemampuan finansialnya.

 

3. Risiko Penyalahgunaan Data

Beberapa platform pinjaman online meminta data pribadi yang sensitif dari peminjam. Risiko data tersebut disalahgunakan atau dibagikan tanpa izin dapat menyebabkan masalah privasi dan keamanan bagi peminjam.

 

4. Risiko Pinjaman Tidak Terkendal

Pinjaman online yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan hutang yang terus bertambah dan sulit untuk dilunasi, mengakibatkan masalah keuangan jangka panjang.

 

5. Maraknya Pinjaman Ilegal

Beberapa platform pinjaman online ilegal juga marak, yang menawarkan pinjaman tanpa proses verifikasi dan menetapkan bunga yang tidak wajar. Peminjam harus berhati-hati agar tidak terjebak dalam praktik pinjaman ilegal ini.

 

6. Penagihan dan Ancaman

Beberapa pemberi pinjaman online yang tidak profesional dapat menggunakan praktik penagihan yang agresif atau bahkan melakukan ancaman, menyebabkan stres dan ketidaknyamanan bagi peminjam.

 

Untuk menghindari dampak negatif dari pinjaman online, penting bagi peminjam untuk melakukan riset dan memilih platform pinjaman yang terpercaya dan transparan. Selain itu, sebaiknya pinjaman online hanya digunakan untuk keperluan mendesak dan dalam jumlah yang sesuai dengan kemampuan finansial peminjam untuk melunasi. Jika memiliki kesulitan dalam membayar pinjaman, segera hubungi pemberi pinjaman untuk mencari solusi yang tepat agar masalah keuangan tidak semakin rumit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kominfo