6 Fakta Unik Danau Labuan Cermin Kalimantan, Danau Dua Rasa Yang Luar Biasa!

6 Fakta Unik Danau Labuan Cermin Kalimantan, Danau Dua Rasa Yang Luar Biasa!

Danau Labuan Cermin --https://www.liputan6.com/

DISWAY JOGJA - Indonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan alam, dan salah satu keajaiban alamnya adalah Danau Labuan Cermin.

Terletak di Kalimantan Timur, danau ini menawarkan pemandangan yang luar biasa dan keunikannya yang jarang

1. Lokasi Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Cermin, Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Indonesia.

Untuk mengunjungi Danau Labuan Cermin, jalannya dari Balikpapan ke Kabupaten Berau lalu ke Tanjung Redeb. Dari Tanjung Redeb, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke kecamatan Biduk-biduk sekitar enam atau tujuh jam.  

Setelah itu, perjalanan akan dilanjutkan mengikuti rambu ke Danau Labuan Cermin dengan perahu sewaan.  

2. Kualitas Air Danau Labuan Cermin

Salah satu hal paling mencolok tentang danau ini adalah dua lapisan air yang berbeda, yaitu air tawar dan air asin, yang terpisah oleh lapisan tipis tanah liat.

Bagian atas danau ini memiliki air tawar yang jernih dan tenang, sementara di bagian bawahnya, terdapat air asin dari laut yang memiliki warna biru kehijauan.

Kedua jenis air ini menyebabkan danau memiliki lapisan pemisah sehingga air dapat memantul. Keunikan ini pula yang membuat banyak orang menyebutnya sebagai “Danau Dua Rasa”.

Meski sekilas terlihat dangkal, Anda tetap harus waspada karena kedalaman danau ini mencapai lima meter. 

3. Keunikan Danau Yang Terletak Pada Fenomena Optik di alamnya

Saat kita melihat ke permukaan air, kita dapat melihat bayangan pohon dan hutan di dasar danau, terlihat seolah-olah ada di bawah air. Fenomena ini dikenal sebagai "refraksi" dan menciptakan efek cermin yang memukau, memberikan nama danau ini, Labuan Cermin.

4. Fasilitas Yang Ada di Danau Labuan Cermin 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: