5 Rekomendasi Aplikasi Untuk Defrag Laptop / Komputer, Nomor 3 Paling Populer!

5 Rekomendasi Aplikasi Untuk Defrag Laptop / Komputer, Nomor 3 Paling Populer!

--

DISWAY JOGJA - Sebagai pengguna PC/laptop, pastinya kamu harus menginstal dan menghapus beberapa program atau aplikasi yang sudah tidak lagi kamu gunakan. Nah, penghapusan ini yang nantinya akan mengakibatkan terjadinya fragmentasi, yaitu fragmen-fragmen dari file yang di simpan secara menyebar alias tidak berurutan.

Kamu tentu bisa bayangkan bagaimana file dari program aplikasi ini di simpan di hardisk dan memenuhi penyimpanan perangkat. Kemudian penyimpanan yang penuh ini tentu akan memperlambat PC/laptop yang kamu gunakan.

Walaupun kamu sudah memiliki alat Windows Defragment dan Optimize Drives bawaan di perangkat, kamu juga masih memerlukan perangkat lunak defragmenter pihak ketiga. Hal ini karena Windows Defragment dan Optimize Drives hanya dapat mendefrag file yang kecil dan tidak bisa di gunakan untu menghapus file yang lebih besar.

Pada prinsipnya, jika kamu merasa perlu melakukan defrag, terutama untuk mendefrag file berukuran besar dengan mudah dan cepat, kamu perlu aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan. Berikut 5 rekomendasi aplikasi defrag terbaik dan gratis untuk Microsoft Windows yang bisa kamu gunakan:

 

1. Defraggler

Apakah kamu mengenal aplikasi pembersih sampah komputer bernama CCleaner? Atau mungkin mengenal perangkat lunak bernama Recuva yang dapat memulihkan file lama yang terhapus. Ya, kedua aplikasi tersebut merupakan aplikasi dari Piriform Software Ltd, anak perusahaan Avast.

Piriform yang berkantor pusat di Inggris juga memiliki aplikasi defrag bernama Defraggler. Defraggler ini memiliki dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar. Namun, jika kamu tidak ingin menggunan layanan berbayarnya, versi gratis dari aplikasi ini saja sudah cukup untuk menghapus file tidak penting di perangkatmu.

2. Glarysoft Disk SpeedUp

Aplikasi Disk SpeedUp adalah aplikasi defrag dari Glarysoft yang memiliki antarmuka minimalis serta mudah di operasikan. Meski begitu, fitur yang di bawa aplikasi ini juga sangat lengkap. Dalam aplikasi ini, kamu dapat mendefrag hard drive bahkan saat komputer tidak di gunakan.

Kemudian, kamu juga dapat memilih file untuk di-defrag. Tidak hanya itu, kamu juga memiliki opsi untuk memindahkan lokasi file virtual secara otomatis untuk mempercepat proses penghapusan.

3. IObit Smart Defrag

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: