10 Kulineran Khas Temanggung yang Enak dan Nikmat, Nomor 8 Kalian Harus Cobain Makanan nya

10 Kulineran Khas Temanggung yang Enak dan Nikmat, Nomor 8 Kalian Harus Cobain Makanan nya

--

DISWAY JOGJA - Berlibur ke Temanggung, jangan lupa mencicipi beragam kuliner khasnya yang dikenal menggugah selera. Inilah rekomendasi tempat kuliner favorit di Temanggung untuk menikmati hidangan lezat.

 

Kota Temanggung memiliki sebuah moto yakni bersih, nyaman, dan sehat untuk umum. Merupakan daerah yang berada sebelah barat Semarang tepatnya di Jawa Tengah. Terkenal dengan beragam pesonanya mulai dari wisata alam, religi, dan tak lupa dengan wisata kulinernya. Yang mana hidangan kuliner ini menjadi salah satu ciri khas daerahnya dengan memiliki cita rasa sangat khas. Berikut daftar tempat wisata kuliner di Temanggung yang bisa Anda pilih saat berkunjung.

 

Temanggung memiliki beberapa kuliner khas yang lezat dan unik, yang patut untuk dicicipi saat berkunjung ke kota ini.

Berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner khas Temanggung:

 

1. Restoran Omah Kebon: Tempat wisata kuliner pertama yang wajib untuk Anda kunjungi saat pertama tiba di Temanggung adalah Restoran Omah Kebon. Kawasan ini merupakan salah satu tempat makan yang menyediakan berbagai jenis kuliner atau masakan khas daerah ini. Menu yang ditawarkan di sini pun juga sangat bervariasi dengan cita rasa khas dan tentunya lezat serta enak yang tidak perlu diragukan lagi.

 

Tak hanya itu, tempat makan ini menyediakan berbagai pilihan minuman yang dapat menyegarkan dahaga Anda. Sembari menghabiskan olahan makanannya kurang lengkap bila tidak mencoba minuman khas Temanggung yang telah ditawarkan di sini. Bila Anda tertarik untuk mengunjungi kawasan ini, maka Anda dapat mengunjunginya setiap hari dengan waktu operasional dari pagi hingga malam.

 

2. Tempe Mendoan: Selain tahu mendoan, ada juga tempe mendoan yang memiliki cita rasa yang serupa, yaitu tempe yang digoreng dengan bumbu dan tepung yang khas.

 

3. Bakso Leci: Bakso leci adalah makanan khas Temanggung yang terbuat dari daging sapi yang lembut dan kenyal, disajikan dengan kuah kaldu dan irisan leci yang segar.

 

4. Nasi Grombyang: Nasi grombyang adalah hidangan nasi dengan berbagai lauk-pauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, sambal, dan telur pindang.

 

5. Sate Klathak: Sate klathak adalah sate kambing yang dibakar dengan arang, sehingga memiliki cita rasa yang khas dan aromanya yang menggugah selera.

 

6. Tahu Petis: Tahu petis adalah hidangan tahu yang disajikan dengan petis dan irisan daun bawang, memberikan cita rasa yang gurih dan pedas.

 

7. Daun Mas Resto: Wisata kuliner selanjutnya yang wajib untuk Anda kunjungi dan coba ketika berada di daerah Temanggung adalah Daun Mas Resto. Restoran ini merupakan salah satu tempat makan yang sudah sangat terkenal dan legendaris di daerah Temanggung. Rumah makan satu ini menyajikan berbagai olahan masakan khas nusantara dan juga masakan oriental.

 

Berbagai menu yang ditawarkan di sini sangat cocok dijadikan sebagai menu santapan di malam hari bersama keluarga dan sanak saudara. Pilihan menunya yang sangat beragam dengan cita rasa lezat, gurih, dan enak. Tentunya akan membuat Anda merasa senang memakan berbagai olahan masakan khasnya. Untuk harganya sendiri masih dapat menyesuaikan dengan kantong Anda.

 

8. Gudeg Mbok Benik: Bagi pecinta gudeg, saat berkunjung ke Temanggung Anda tidak perlu ragu dan kesusahan untuk mencarinya. Tahukah Anda? Bahwa di kota ini sendiri memiliki tempat makan khusus gudeg khas dengan cita rasa yang legenda. Warung ini bernama Gudeg Mbok Benik, telah ada sejak lama tak heran apabila tempat ini tidak pernah sepi pelanggan. Bahkan Anda juga harus berebut untuk mendapatkannya.

 

Tempat makan Mbok Benik ini hanya beroperasional selama dua jam saja di pagi hari. Hal ini terjadi karena saking banyaknya orang atau masyarakat yang ingin mencoba dan mencicipi gudeg di sini. Untuk harganya sendiri sangatlah terjangkau. Sehingga Anda tidak perlu takut untuk menguras dompet jauh lebih dalam.

9. Jadah Tempe: Jadah tempe adalah makanan khas Temanggung yang terbuat dari ketan dan tempe yang dimasak bersamaan.

 

10. Soto Temanggung: Soto temanggung adalah hidangan soto dengan kuah bening dan daging ayam atau suwiran ayam yang lezat.

Pastikan untuk mencicipi kuliner khas Temanggung ini saat berkunjung ke kota ini untuk merasakan cita rasa lokal yang autentik dan lezat. Selamat menikmati!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kulineran