Selain Disebut Kota Angin dan Wisata Ternyata Majalengka Dikenal dengan Kopinya! Berikut Ulasanya

Selain Disebut Kota Angin dan Wisata Ternyata Majalengka Dikenal dengan Kopinya! Berikut Ulasanya

Selain Disebut Kota Angin dan Wisata Ternyata Majalengka Dikenal dengan Kopinya!--

DISWAY JOGJA – Majalengka merupakan salah satu Kabupaten di Tatar Pasundan, Jawa Barat. Kabupaten Majalengka memiliki 26 Kecamatan, 13 Kelurahan, dan 330 Desa. Mayoritas masyarakat yang mendiaminya adalah etnis Sunda, sehingga bahasa sehari-hari yang digunakan pun Bahasa Sunda.

 

Julukan kota angina telah melekat pada Majalengka sejan tahun 1980-an. Bukan tanpa sebab, hampir setiap hari hembusan angina di Kabupaten ini selalu kencang.

 

Masyarakat sekitar biasanya menyebut angina di Majalengka dengan Angin ngagelebug yang berarti hembusan angina kencang.

 

Selain dikenal dengan potensi wisatanya Kabupaten Majalengka ternyata dikenal dengan produk kopinya yang semakin banyak diminati pasar, baik lokal maupun regional, bahkan nasional.

 

Di Kabupaten Majalengka sendiri, sedikitnya terdapat tujuh kecamatan penghasil buah kopi yang cukup terkenal. Yakni, Kecamatan Lemahsugih, Malausma, Cingambul, Banjaran, Argapura dan Rajagaluh dan Talaga. Namun saat ini yang masih bertahan di Kecamatan Banjaran, Argapura dan Bantarujeg.

 

Kopi khas Majalengka kini mulai disajikan di sejumlah kafe di Kota Angin, seperti di Kopi Apik, Kopi Rokrak hingga kafe lainnya yang ada di lokasi wisata seperti di Ciboer dan Hanjuang. Di pasar lokal maupun nasional.

 

Varian produk kopi asal Kabupaten Majalengka, Jawa Barat sekarang telah banyak dikenal dan diminati nasional.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: