Keindahan Alam Puncak Widosari Pegunungan Menoreh Kulon Progo yang Menakjubkan dan Eksotis

Keindahan Alam Puncak Widosari Pegunungan Menoreh Kulon Progo yang Menakjubkan dan Eksotis

Puncak Widosari--https://travel.kompas.com/

DISWAY JOGJA – Kulon Progo adalah salah satu kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Wilayah ini memiliki beragam objek wisata, seperti Pantai Glagah, Kebun Buah Mangunan, dan Kali Adem. Kulon Progo juga dikenal dengan keindahan alamnya yang menarik bagi para wisatawan.

Tahukah kamu bahwa di desa kulon progo ada wisata yang menarik buat kita kujungi, apa nama wisata tersebut? Yuk kita simak penjelasannya berikut ini.

Puncak Widosari merupakan lokasi wisata alam yang terletak di Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Selain pemandangan hijau yang menyejukkan mata, di Puncak Widosari terdapat bongkahan batu besar yang menambah keunikan lokasi wisata ini. Selain itu pengunjung bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

 

1.       Spek Puncak Widosari

Puncak Widosari salah satunya yang memiliki ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut (mdpl). Karena berada di ketinggian, Puncak Widosari menawarkan keindahan panorama ke segala arah di tengah hamparan hijau Perbukitan Menoreh.

Puncak Widosari memang tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan puncak-puncak lainnya tetapi cukup menguras tenaga untuk meraih puncaknya. Pastikan kamu berada dalam kondisi tubuh yang fit ya sebelum datang ke sini. Tenang, jalan menuju puncak sudah ditata dengan baik sehingga relatif aman. Akses jalan ke lokasi berupa tangga berundak dengan pagar pengaman yang sudah memadai. Ada sekitar 240 anak tangga yang harus kamu naiki untuk sampai di puncak.

2.       Lokasi Puncak Widosari

Tritis, Ngargosari, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673

Berikut kami tunjukan melalui google maps: https://goo.gl/maps/HtDYTf1JDJJPZr6BA

3.       Harga Tiket Puncak Widosari

Harga tiket masuk saat weekday: Rp 6.000

Harga tiket masuk saat weekend: Mungkin Bisa naik

4.       Jam Operasional Puncak Widosari

Buka Setiap hari dari jam 06.00 – 18.00

5.       Daya Tarik Curug Putri

Di bukit terlihat seperti ada benjolan berbentuk mirip mata, hidung, dan mulut yang dimiliki manusia. Dari atas bukit kamu bisa melihat pemandangan alam yang menakjubkan. Hamparan tanaman hijau sejauh mata memandang dan angin semilir yang tiada henti. Salah satu hal yang menjadi ikon dari Puncak Widosari adalah adanya batu besar di atas bukit. Batu ini sangat besar hingga terlihat dari kejauhan.

6.       Fasilitas

Wisata Puncak Widosari Kulon Progo Yogyakarta bisa dibilang sebuah wisata alam yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut:

– Area Parkir kendaraan

– Mushola

– Kamar mandi / MCK

– Penginapan

– Gazebo

– dan masih banyak lainya.

7.       Transportasi

Transportasi yang disarankan untuk anda pakai berwisata ke Wisata Puncak Widosari Kulon Progo Yogyakarta dengan memakai kendaraan pribadi seperti: Mobil atau motor pribadi.

Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti: bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di terminal bus kota atau desa tujuan anda. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju lokasi Wisata Puncak Widosari Kulon Progo Yogyakarta tersebut.

8.       Saran dan Tips

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat Wisata Puncak Widosari Kulon Progo, anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan. Serta beberapa barang tambahan seperti kamera karena anda pasti ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman – teman anda.

Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, tissue basah, sampo, antiseptik). Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati – hati.

 

Nah, Itu dia penjelasan mengenai Wisata Puncak Widosari Kulon Progo Yogyakarta. Yuk berkunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: