Kulit Cerah, Bebas Dark Spot: 3 Kandungan Skincare yang Harus Anda Coba

Kulit Cerah, Bebas Dark Spot: 3 Kandungan Skincare yang Harus Anda Coba

Skincare Perempuan Terlalu Banyak--

DISWAY JOGJA - Selain jerawat dan komedo, dark spot juga menjadi salah satu masalah kulit wajah yang sering dikeluhkan oleh wanita karena mengganggu penampilan. Sehingga banyak wanita yang menjadi tidak percayadiri, sehingga harus ditutupi dengan foundation dan bedak.

Meski dark spot tidak membahayakan bagi kulit, biasanya dark spot akan hilang dengan sendirinya. Tetapi Anda juga membutuhkan produk skincare untuk merawat kulit wajah Anda untuk merawat dan memperbaiki kulit wajah Anda. 

1. Vitamin C

Sinar ultraviolet (UV)  yang menjadi salah satu penyebab adanya dark spot atau noda hitam dapat diatasi dengan kandungan vitamin C pada produk skincare Anda. Jenis vitamin ini dapat mengontrol perubahan warna yang terjadi karena paparan sinar ultraviolet (UV). Melanin yang memberi warna pada kulit akan bekerja penuh melawan dampak sinar ultraviolet (UV) yang masuk dalam kulit sehingga membuat area tertentu pada kulit yang lebih gelap. Vitamin C akan bekerja untuk menghentikan produksi melanin berlebihan sekaligus untuk melawan kandungan sinar ultraviolet (UV) yang beracun.

Selain itu vitamin C salah satu nutrisi penting yang dapat membantu memperbaiki lapisan kulit yang rusak sebab vitamin ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Fungsi kolagen yaitu mendorong proses pelepasan sel kulit mati dan produksi sel kulit baru yang lebih sehat meningkatkan elastisitas kuliut, menghambat penuaan dini dan mencerahkan kulit, vitamin C juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet (UV) dan radikal bebas. Kandungan antioksidan di dalam vitamin C untuk menetralisir radikal bebas, serta vitamin C berfungsi untuk eksfoliasi sehingga sel kulit mati akan hilang dan sel kulit baru yang lebih cerah akan naik ke permukaan kulit.

 

2. Retinol

Bahan skincare untuk menghilangkan dark spot selain vitamin C yaitu retinol atau retinoid sebagai turunan dari vitamin A. Kekuatan retinol mampu meningkatkan pergantian sel – sel baru, sehingga memudarkan bintik – bintik gelap dari waktu ke waktu secara perlahan. Di sisi lain, retinol akan bekerja lebih sensitif ketika terkena paparan sinar ultraviolet (UV).

Ketika kulit memberi reaksi defensive terhadap sinar ultraviolet (UV) yang masuk pada kulit dan pigmen melanin meningkat, retinol dapat membantu memecah pigmentasi melanin tersebut. Menggunakan skincare yang mengandung retinol disarankan mengaplikasikan saat malam hari saja, agar bahan aktif ini tidak menimbulkan  iritasi pada kulit jika terkena sinar ultraviolet (UV). Retinol juga tidak disarankan untuk ibu hamil karena komposisinya dapat terserap ke dalam ASI.

 

3. Azelaic Acid

Azelaic acid memiliki kandungan alami yang didapatkan ditemukan dalam gandum hitam dan barley. Senyawa aktif yang ditemukan dalam biji – bijian gandum dan bersifat antimikroba serta anti inflamasi. Azelaic acid merupakan salah satu  jenis eksfoliasi lembut dan baik untuk kulit yang rentan terhadap hiperpigmentasi. Hal ini disebabkan oleh kandungan dalam azelaic acid dapat menunjukkan efek saat berada dalam konsentrasi 10 – 20%. Kandungan ini juga cukup aman untuk digunakan, bahkan bagi anda yang memiliki masalah jerawat, dark spot, hingga jerawat rosacea berwarna kemerahan. Sifat anti bakteri dan anti inflamasi dalam azelaic acid ini aman untuk berbagai jenis kulit. Perlu diketahui bahwa asam azelaic acid sebaiknya tidak digunakan oleh ibu hamil atau menyusui karena komposisinya dapat terserap ke dalam ASI.

Untuk menghasilkan perubahan yang signifikan dalam mengurangi dark spot, langkah pertama adalah menggunakan tabir surya setiap hari, karena paparan sinar UV dapat memperburuk kondisi hiperpigmentasi. Selain itu, penggunaan rutin dan konsisten dari produk skincare ini sangat penting. Ingatlah untuk selalu melakukan patch test terlebih dahulu ketika mencoba produk baru untuk menghindari iritasi yang mungkin muncul.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: