5 Kuliner Khas Tegal Yang Punya Nama Unik, Kamu Harus Tau Artinya!

5 Kuliner Khas Tegal Yang Punya Nama Unik, Kamu Harus Tau Artinya!

Glotak, olahan gembus yang dipadukan dengan kaldu dari rebusan tulang sapi --

DISWAY JOGJA - Tegal terkenal dengan julukannya sebagai Kota Warteg dan Kota Bahari, jadi tidak heran bila Tegal dikatakan sebagai tempatnya berburu wisata kuliner dari Jawa Tengah. Lokasinya yang strategis masuk dalam jalur mudik Pantura menjadikan Tegal sebagai tempat persinggahan untuk beristirahat dan berburu kuliner.

Jika kamu pulang berlibur dan kebetulan melintasi Tegal, jangan lupa untuk mencicipi beragam kuliner enaknya. Dari racikan nasi, kertupat yang khas hingga soto berbumbu tauco yang gurih enak.

Namun tahukah sobat, kalau beberapa kuliner di Tegal itu punya nama yang unik. Mulai dari Randa Kemul, Tahu Upil dan masih banyak lagi. Ulasan dibawah ini akan membahasnya, let's go!

1. Glotak


Glotak, olahan gembus yang dipadukan dengan kaldu dari rebusan tulang sapi.

Bagi masyarakat Tegal dan sekitarnya, menu makanan glotak balungan tentu sudah tak asing lagi. Olahan gembus yang dipadukan dengan kaldu dari rebusan tulang sapi menjadikannya memiliki cita rasa yang khas dan legendaris.

Konon penamaan glotak berasal dari suara tulang-tulang yang beradu di panci pada saat dimasak berbunyi glotak glotak. Sehingga makanan ini disebut glotak.

Balungan sendiri merupakan bahasa Jawa dari tulang. Biasanya menggunakan tulang sapi atau tulang ayam sesuai selera. 

2. Randa Kemul


Randa Kemul, berbahan baku tepung terigu, yang kemudian diolah dan dibentuk bulat sebelum akhirnya digoreng. (Foto: Pantura Post)

Selain roten, kue ini juga dikenal dengan nama randa kemul. Konon, penamaan ini oleh cerita orang tua pada zaman dahulu karena ada seorang janda yang membuat kue ini ingin menikah lagi.

Randa kemul ini berbahan baku tepung terigu, yang kemudian diolah dan dibentuk bulat sebelum akhirnya digoreng. Roten memiliki cita rasa yang gurih, dan biasanya agak keras di bagian luar tetapi lembut di bagian dalamnya.

3. Tahu Upil


Tahu Upil, kuliner khas Tegal yang hampir serupa dengan Tahu Aci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: