5 Jenis Gorengan Khas Tegal yang Manis Hingga Gurih, Pecinta Gorengan Wajib Coba!

5 Jenis Gorengan Khas Tegal yang Manis Hingga Gurih, Pecinta Gorengan Wajib Coba!

Gorengan--PergiKuliner.com

DISWAY JOGJA – Gorengan tak bisa lepas dari menu makanan setiap hari. Gorengan biasa dimakan kapanpun, baik untuk menu sarapan, menu camilan hingga menu pelengkap saat menikmati hidangan utama. Maka tak heran di Indonesia memiliki berbagai jenis gorengan, seperti di Jawa Tengah misalnya. Di Jawa Tengah kamu akan menemukan jenis gorengan yang mungkin jarang ditemui di Jakarta.

Kita bicara soal gorengan, apakah kalian tahu apa itu gorengan? Berikut penjelasanya

Gorengan adalah istilah umum untuk makanan yang dimasak dengan cara digoreng dalam minyak panas. Proses penggorengan ini membuat makanan menjadi renyah di luar dan umumnya memiliki tekstur yang lembut di dalam. Gorengan seringkali merupakan camilan atau hidangan sampingan yang populer di berbagai belahan dunia.

Berbicara tentang gorengan, ada salah satu kota di jawa tengah yang tekenal kelezatan gorengannya. Siapakah kota tersebut? Iya benar kota tegal, daerah yang terletak di pantai utara jawa ini memang terkenal akan keindahan pantainya, kulinernya, dan wisatanya.

 

Berikut adalah 6 Jenis Gorengan Khas Tegal yang Manis Hingga Gurih:

 

1.       Tahu aci: Tahu aci adalah sejenis makanan yang juga dikenal sebagai "tahu isi aci" atau "tahu petis." Makanan ini merupakan salah satu kuliner khas dari daerah Tegal, Jawa Tengah, Indonesia. Tahu aci terdiri dari tahu goreng yang diisi dengan aci atau tepung kanji yang telah diolah dengan cara digoreng.

Proses pembuatan tahu aci biasanya dimulai dengan mengisi tahu goreng dengan adonan aci yang berisi campuran tepung kanji, air, dan bumbu-bumbu seperti bawang putih, garam, dan lada. Kemudian, tahu yang telah diisi dengan aci tersebut biasanya digoreng kembali hingga matang.

Tahu aci memiliki cita rasa yang unik dan gurih. Rasanya yang enak dan tekstur tahu yang kenyal dengan isi aci yang lembut membuatnya menjadi camilan atau hidangan yang populer di Tegal dan sekitarnya.

 

2.       Tempe Mendoan: Tempe mendoan adalah tempe yang dipotong tipis-tipis, kemudian digoreng dengan bumbu rempah-rempah hingga matang. Teksturnya menjadi lembut dan lembek, dan biasanya disajikan dengan bumbu kacang atau sambal.

Rasanya yang gurih dan lembut menjadikannya camilan yang populer di banyak daerah di Indonesia dan menjadi salah satu ikon kuliner khas Tegal.

 

3.       Bakwan: Bakwan adalah gorengan berbentuk bulat yang terbuat dari campuran tepung terigu, berbagai sayuran (seperti wortel, buncis, dan jagung), serta potongan daging atau udang. Rasanya gurih dan nikmat, cocok sebagai camilan atau pendamping makan nasi.

 

4.       Misro: Misro adalah makanan atau camilan khas dari daerah Tegal, Jawa Tengah, Indonesia. Misro terbuat dari campuran singkong parut, kelapa parut, dan gula jawa. Adonan tersebut kemudian digoreng hingga matang dan menghasilkan gorengan yang renyah di luar dan lembut di dalam, seringkali berbentuk bundar pipih. Misro memiliki rasa gurih dan sedikit manis karena campuran kelapa parut dan gula jawa.

 

5.       Olos: olos adalah makanan khas dari Tegal berupa gorengan yang terbuat dari tepung dan berbentuk bulat seperti bola, berisikan kembang kol, bawang dan cabai rawit. Makanan ini diperkirakan dibuat oleh masyarakat desa Jatirawa, kecamatan Tarub dan memiliki ciri khas berupa bentuknya yang tidak bulat sempurna dan terkesan acak-acakan serta teksturnya yang agak keras. Tepung yang biasanya digunakan adalah campuran tepung terigu dan tepung kanji.

 

Perlu diingat bahwa daftar ini mungkin tidak lengkap karena kuliner dan variasi gorengan di Tegal bisa sangat beragam. Selamat menikmati sajian kuliner khas Tegal!

 

Nah, itu dia 5 Jenis Gorengan Khas Tegal yang Manis Hingga Gurih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: