Luar Biasa! Ini 4 Keutamaan Sedekah Subuh yang Jarang diketahui

Luar Biasa! Ini 4 Keutamaan Sedekah Subuh yang Jarang diketahui

Layaknya tanaman, Sedekah Subuh sangat bermanfaat bagi yang mengamalkan -Disway-Google

DISWAYJOGJA.ID - Sedekah Subuh adalah sedekah yang dilakukan ketika waktu Subuh atau sebelum Matahari muncul. Lalu, pernahkah kalian bertanya-tanya mengapa harus sedekah subuh? Mengapa tidak sedekah zuhur atau magrib? Ternyata subuh adalah salah satu waktu terbaik untuk bersedekah.

Lain dengan waktu-waktu lainnya, saat subuh, turun dua malaikat yang mendoakan bagi siapa saja yang bersedekah agar diberi ganti oleh Allah atas harta yang telah ia sedekahkan. 

Dari Abu Hurairah, sesungguhnya Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa, ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.’” (H.R. Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA:Ajaib! Ternyata Ayat Kursi Dapat Menghindarkan dari Gangguan Setan

Keutamaan Sedekah Subuh

Lantas apa keutamaan sedekah di waktu subuh? Rupanya, ini dia jawabannya!

1. Didoakan malaikat

Menurut hadits yang tertera diatas, orang-orang yang bersedekah subuh akan didoakan malaikat. Perlu kita bahwa doa malaikat merupakan salah satu doa yang dikabulkan oleh Allah Swt.

Malaikat akan berdoa agar harta orang yang bersedekah di waktu subuh diganti oleh Allah Swt. Dari sini dapat kita pelajari bahwa bersedekah tidak akan membuat kita merugi, sebab Allah yang akan menggantinya.

2. Menghapuskan dosa dan membuka pintu-pintu rezeki

Sebagaimana hadits Rasulullah :

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api”. (HR. At-Tirmidzi)

3. Mendapatkan pahala berlipat ganda

Sebagaimana firman Allah Swt dalam QS. Al-Hadid ayat 18 :

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَا لْمُصَّدِّقٰتِ وَاَ قْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.”

4. Dijauhkan dari api neraka

Orang yang rajin bersedekah akan dijauhi dari api neraka. Ini disandarkan dalam sebuah hadits yang Nabi SAW riwayat Muslim, beliau bersabda,

"Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah," (HR Al Bukhari).

Cara Melakukan Sedekah Subuh 

Lalu Bagaimana Cara Melakukan Sedekah Subuh?

Mengutip buku Sapu Jagat Keberuntungan beserta buku Jika Sedekah Menjadi Lifestyle, berikut sejumlah cara untuk melakukan sedekah Subuh, yaitu:

1. Mengisi kotak amal yang ada di masjid. 

2. Mentransfer uang melalui rekening setelah Subuh. Bisa ke orang tua, sahabat yang membutuhkan, lembaga sosial, atau siapapun.

3. Memberi makan yang diantar ke rumah tetangga, pondok pesantren, panti yatim, atau yang membutuhkan.

4. Mengantar sumbangan atau bantuan kepada seseorang yang membutuhkan.

 

Namun bila ternyata memiliki kendala untuk melakukan cara sedekah seperti diatas, kamu bisa menyiapkan celengan/ kaleng yang bisa di isi setiap sububnya. Ketika celengan dirasa sudah penuh kamu bisa memberikan/ membelanjakannya kepada orang yang membutuhkan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: baznas