9 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Badan, Kalian Harus Tahu

9 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Badan, Kalian Harus Tahu

--

 

DISWAY JOGJA - Air kelapa merupakan salah satu minuman yang sangat diminati di Indonesia, selain rasanya yang segar dan manis, ternyata ia juga menyimpan segudang manfaat yang penting untuk tubuh manusia. Manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh memang sangat banyak sekali, Umumnya orang-orang mengetahui air kelapa bermanfaat untuk menceggah dehidrasi.

air kelapaMemang tidak diragukan lagi, seperti manfaat buah lainnya dan manfaat buah naga, buah kelapa pun banyak mengandung manfaat lainnya. Saat ini banyak produk-produk makanan dan minuman yang memang terbuat dari bahan dasar buah kelapa yang banyak diminati sehingga mempermudah orang-orang untuk meminum air kelapa dan memakan makanan lainnya yang berbahan dasar buah kelapa dalam keseharian mereka.

Kandungan Buah Kelapa

Vitamin C

Asam nikotinat

Asam pantotenat

biotin

riboflavin

dan juga asam folat.

Manfaat Air Kelapa

Air kelapa adalah cairan yang terdapat dalam buah kelapa muda. Berikut ini adalah beberapa manfaat air kelapa:

1. Hidrasi tubuh: Air kelapa adalah sumber yang sangat baik untuk menghidrasi tubuh. Karena kandungan elektrolitnya yang alami, seperti kalium, natrium, magnesium, dan kalsium, air kelapa dapat membantu menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang selama aktivitas fisik atau saat mengalami dehidrasi.

2. Sumber elektrolit alami: Air kelapa mengandung elektrolit alami yang penting untuk fungsi normal tubuh, termasuk keseimbangan cairan, fungsi otot, dan kesehatan jantung. Mengonsumsi air kelapa dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

3. Kaya akan nutrisi: Air kelapa mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, magnesium, dan serat. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Mendukung pencernaan: Kandungan serat dalam air kelapa dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

5. Menyegarkan dan menghilangkan kehausan: Air kelapa memiliki rasa yang menyegarkan dan dapat membantu menghilangkan kehausan secara efektif. Minum air kelapa dapat memberikan sensasi penyegaran yang alami.

6. Potensi antioksidan: Air kelapa mengandung beberapa senyawa antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif, dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

7. Menurunkan berat badan: Air kelapa terbukti sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Minuman ini telah dilihat sebagai salah satu cara paling sehat untuk menurunkan berat badan karena merupakan minuman alami dan tidak mengandung bahan kimia apapun. Air kelapa telah digunakan selama berabad-abad di seluruh dunia untuk menurunkan berat badan dan telah menunjukkan hasil yang positif. Bagaimana caranya untuk menurunkan berat badan ? Cobalah minum air kelapa, perut akan terasa terisi full karena sangat mudah diserap tubuh sehingga akan menunda rasa lapar anda.

8. Kesehatan Kardiovaskular: Penelitian telah menunjukan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar kalium yang rendah. Manfaat minum air kelapa secara teratur sangat efektif dalam mengatur tekanan darah karena ia memiliki kandungan kalium dan asam laurat. Air kelapa juga dipercaya meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.

9. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi: Air kelapa  memiliki kandungan seimpang dari elektrolit sehingga dapat digunakan sebagai penyeimbang elektrolit dalam tubuh. Kandungan elektrolit yang tinggi dalam tubuh dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi.

Namun, penting untuk dicatat bahwa air kelapa juga mengandung gula alami, meskipun dalam jumlah yang lebih rendah daripada minuman olahraga atau minuman manis lainnya. Oleh karena itu, konsumsilah air kelapa dengan bijak dan dalam batas yang wajar sebagai bagian dari pola makan seimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kesehatan