3 Rekomendasi Gitar Akustik dan 5 Perawatan Gitar Akustik, Wajib Kalian Tahu, Apalagi Orang yang Suka Musik

3 Rekomendasi Gitar Akustik dan 5 Perawatan Gitar Akustik, Wajib Kalian Tahu, Apalagi Orang yang Suka Musik

--

DISWAY JOGJA - Bermusik adalah salah satu kegemaran yang dapat dilakukan oleh banyak orang. Salah satunya adalah bermain gitar akustik. Selain menyalurkan hobi, bermain gitar juga dapat menghasilkan uang, baik menjadi seniman gitaris maupun menjadi personil dalam band.

Gitar akustik adalah jenis gitar yang menghasilkan suara dari getaran senar. Suara ini dialirkan  melalui sadel dan jembatan tempat pengikat senar ke dalam ruang suara. Gitar akustik biasanya memiliki 6 senar yang terbuat dari baja dan keseluruhan bagian akustik itu sendiri berasal dari kayu.

Untuk membeli gitar akustik terbaik, ternyata tidak hanya melihat berdasarkan mereknya saja. Namun Anda harus melihat berbagai pertimbangan lain seperti melihat bodi gitar, jenis gitar dan bahan gitar itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut berbagai pilihan gitar akustik, fitur, dan tips sebelum Anda membeli gitar akustik yang sesuai harapan.

Gitar akustik adalah jenis gitar yang dirancang untuk dimainkan tanpa amplifikasi listrik. Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui tentang gitar akustik:

1. Bunyi dan suara: Gitar akustik menghasilkan suara yang dihasilkan oleh resonansi getaran senar dan kotak resonansi gitar. Suara yang dihasilkan oleh gitar akustik lebih natural dan organik dibandingkan dengan gitar listrik.

2. Jenis-jenis gitar akustik: Ada beberapa jenis gitar akustik yang dapat dipilih, termasuk gitar dreadnought, gitar klasik, gitar folk, dan gitar jumbo. Setiap jenis memiliki karakteristik suara dan ukuran yang berbeda.

3. Bahan-bahan: Gitar akustik umumnya terbuat dari kayu, termasuk kayu mahoni, cedar, spruce, atau maple. Setiap jenis kayu memberikan karakteristik suara yang berbeda. Bagian atas gitar yang disebut soundboard umumnya terbuat dari kayu yang bergetah, seperti spruce, untuk meningkatkan resonansi.

4. Memainkan gitar akustik: Untuk memainkan gitar akustik, diperlukan teknik dasar seperti memetik senar dengan jari atau menggunakan plektrum. Teknik-teknik ini dapat dipelajari melalui latihan dan pembelajaran.

5. Perawatan: Gitar akustik perlu dirawat dengan baik untuk mempertahankan kualitas suara dan penampilan. Beberapa langkah perawatan termasuk menjaga kelembaban yang tepat, membersihkan gitar secara teratur, dan melindunginya dari suhu dan kelembaban yang ekstrem.

Rekomendasi Gitar Akustik, sebagai berikut:

1.Gitar Yamaha APX 500II: Rekomendasi gitar akustik terbaik pertama datang dari Gitar Akustik Yamaha APX 500II. Gitar ini menjadi salah satu pilihan untuk anda yang menginginkan gitar akustik murah dan cocok buat pemula, Produk ini bisa terbilang populer di kalangan gitaris, yang dikarenakan dianggap sebagai salah satu gitar akustik elektrik yang bagus, dan dianggap lebih ringan di banding tipe gitar elektrik lainnya. Ini ditambah dengan adanya merk Yamaha yang dianggap sebagai salah satu merk gitar akustik yang bagus dan murah.

Fitur

Ada berbagai fitur yang terdapat di dalam gitar akustik ini, beberapa diantaranya adalah Gitar Akustik Yamaha APX 500II memiliki bodi top yang terbuat dari spruce. Gitar ini memiliki neck atau leher yang terbuat dari kayu mahoni dengan Dual Action Trushrood, memiliki rosewood sebagai bahan fingerborad, fretboard dan bridgenya, terdapat pula premp dengan System 65 yang serba baru dengan nada yang lebih kuat dan dinamis, serta didukung dengan adanya berbagai kelengkapan lain seperti 1 senar cadangan, 1 buah softcase, dan sabuk gitar di setiap pembeliannya.

2. Yamaha Klasik C-315 (Pilihan Eksklusif): Bagi Anda yang menginginkan gitar akustik untuk pemula, maka gitar ini menjadi jawabannya. Gitar Klasik Yamaha C-315 memiliki berbagai keunggulan yang baik dan didukung oleh fitur-fitur yang membuat Anda nyaman ketika digunakan.

Fitur

Berbagai fitur Gitar Klasik Yamaha C-315 adalah gitar ini memiliki material Spruce, adanya material Nato pada fingerboard, bahan neck yang terbuat dari kayu agathis, didukung dengan menggunakan senar 650mm, memiliki senar sebanyak 6 buah, dan produk ini memiliki jumlah fret sebanyak 18.5.

3. Maya Store (Pilihan Ekonomis): Rekomendasi gitar akustik terbaik berasal dari gitar dengan tanpa brand ini. Dengan desain yang tak kalah dengan gitar akustik lain, memiliki ukuran yang pas saat digunakan, serta dengan fitur menarik membuat siapapun menjadi yakin untuk membeli produk gitar ini.

Fitur

Produk dengan no brand ini memiliki berbagai fitur yang memudahkan Anda, Beberapa di antaranya adalah memiliki senar gitar yang ceper, leher gitar terbuat dari kayu mahoni, memiliki material top Cyprus, mendukung senar dengan bahan nilon, serta adanya fret dunlop. Gitar ini juga dilengkapi dengan berbagai pendukung lain seperti tas gitar, senar dan pick gitar yang memudahkan Anda untuk memainkannya secara maksimal.

Pilihlah gitar akustik yang sesuai dengan gaya bermain dan preferensi musik Anda. Ketika membeli gitar akustik, penting untuk mencoba beberapa model dan merek yang berbeda untuk menemukan yang nyaman di tangan dan menghasilkan suara yang Anda sukai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: best life online