Curug Lawe Benowo, Hidden Gem di Semarang yang Wajib Anda Kunjungi

Curug Lawe Benowo, Hidden Gem di Semarang yang Wajib Anda Kunjungi

Curug Lawe Semarang--pergiyuk.com

DISWAY JOGJA - Kota Semarang adalah ibu kota provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kota Semarang memiliki banyak tempat wisata yang memanjakan mata, salah satunya yang sedang viral saat ini yaitu Curug Lawe Benowo. Di TikTok banyak sekali yang menyebut Gunung Lawe Benowo salah satu Hidden Gem favorit anak - anak muda hingga dewasa serta sangat populer di kalangan traveler yang berada jauh dari pusat kota terletak di lereng Gunung Ungaran, lebih tepatnya terletak di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

 

Jika dari pusat kota lokasi Curug Lawe Benowo jaraknya 21 kilometer (km) ditempuh sekitar 51 menit dari pusat kota Semarang dan jarak 23 kilometer (km) ditempuh sekitar 23 menit jika tidak ada kendala dari Stasiun Poncol. Apabila ingin menggunakan Google Maps pun bisa, menggunakan kata kunci ‘Curug Lawe Benowo’ atau ‘Curug Benowo’. Ketika sudah dekat dengan area ‘Curug Lawe Benowo’ dan masih bingung bisa direct message (DM) ke akun Instagram @curuglawe_kalisidimoreclean.

 BACA JUGA:5 Rekomendasi Kuliner Malam di Semarang: Destinasi dan Kelezatan yang Memukau

Walaupun letaknya sangat jauh dari pusat kota tetapi Curug Lawe Benowo sangat memanjakan mata. Wisata Curug Lawe Benowo ini memiliki dua air terjun, yaitu Curug Benowo dan Curug Lawe. Jarak dari Curug Benowo ke Curug Lawe adalah 1 kilometer (km). Wisata ini sangat cocok bagi kalian yang menyukai wisata alam, karena Curug Lawe Benowo menyejukkan dan masih asri baik dari area parkir hingga ke Curug Lawe Benowo.Curug Lawe memiliki karakteristik yang sangat unik, karena air terjun nya terletak di tengah tebing. Curug Lawe Benowo masih di bawah pengelolaan Perhutani.

 

Pesona flora dan fauna Curug Lawe Benowo juga masih asri dan terlindungi. Jika kalian yang berkunjung beruntung, pengunjung akan melihat dan bertemu satwa liar yang menjadi ikon dari Curug Lawe Benowo yaitu ‘Lutung’. Lutung biasanya akan keluar di pagi hari dari jam 06.00 WIB dan saat di sore hari, lutung akan keluar jam 16.30 WIB. Lutung bisa dilihat saat pengunjung melintasi di sepanjang jembatan romantis, yang panjangnya sekitar 20 - 30 meter.

Jam operasional Wisata Curug Lawe dari pagi jam 08.00 WIB hingga sore hari jam 14.00 WIB. Jika kalian berkunjung pada jam 15.00 WIB masih diperbolehkan masuk hingga jam 16.00 WIB. Apabila kalian mengunjungi wisata Curug Lawe Benowo ini lebih dari jam operasional tidak diizinkan, karena jalannya akan cukup gelap dan belum dipasangkan lampu penerangannya.

 BACA JUGA:Wisata di Semarang Hanya Lawang Sewu? Ini Dia Wisata serta Kuliner yang Ada di Kota Semarang

Aksesnya pun mudah ditempuh, mudah dijangkau juga dari kota Semarang karena dekat dengan tol. Jalurnya dapat dilalui dengan kendaraan roda dua seperti motor dan kendaraan roda empat, sedangkan untuk kendaraan cukup besar seperti minibus tidak disarankan atau direkomendasikan karena jalurnya yang menanjak. Jika yang tidak familier dengan jalurnya akan berbahaya, sehingga direkomendasikannya menggunakan mobil saja.

 

Jarak dari parkiran ke Curug Benowo sekitar 2,3 kilometer (km) dan jarak ke Curug Kawe sekitar 2,5 kilometer (km). Biasanya nanti pengunjung akan diarahkan melalui Curug Benowo terlebih dahulu baru ke Curug Lawe atau terkadang pengunjung ke Curug Lawe dahulu baru ke Curug Benowo. Harga tiket masuk ke wisata Curug Lawe Benowo adalah Rp. 8.000 per orang, untuk parkir kendaraan roda dua seperti motor Rp. 2.000, untuk kendaraan roda empat (mobil) Rp. 5.000, sedangkan untuk kendaraan yang lebih besar seperti minibus Rp. 10.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: