Mengenal Labuan Bajo, Serpihan Surga di Timur Indonesia Beserta 5 Fakta Menariknya. Nomor 4 Bikin Kamu Kaget!

Mengenal Labuan Bajo, Serpihan Surga di Timur Indonesia Beserta 5 Fakta Menariknya. Nomor 4 Bikin Kamu Kaget!

Labuan Bajo, serpihan surga yang ada di timur Indonesia.--

DISWAY JOGJA - Labuan Bajo adalah surga tersembunyi yang ada Timur Indonesia. Tempat ini terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan Nusa Tenggara Barat dan dipisahkan oleh Selat Sape. Dengan eksotismenya, Labuan Bajo menjadi destinasi wisata Super Prioritas yang tidak cuma terkenal di masyarakat Indonesia, tetapi hingga ke mancanegara. Labuan Bajo memiliki banyak obyek wisata antara lain Pulau Komodo, Pantai Pink, Manta Point, dll.

Destinasi ini adalah gerbang menuju Taman Nasional Komodo yang punya keindahan alam yang menakjubkan dan hewan purba yang mendunia. Mulai dari hewan endemik komodo di Pulau Komodo, deretan pulau eksotis, keragaman hayati bawah laut, hingga pantai yang memesona, semua bisa sobat temukan dengan memulai perjalanan di Labuan Bajo.

Menikmati pemandangan langit senja juga bisa menjadi cara lain menikmati Labuan Bajo. Spot strategis untuk menikmati keindahan senja ini berada tak jauh dari Bandar Udara Internasional Komodo. Sobat dapat memilih destinasi Bukit Cinta, Puncak Amelia, dan Puncak Silvia, untuk mengabadikan langit senja yang menentramkan jiwa. Ada juga Gua Rangko yang memiliki pesona bak oasis dengan kolam air asinnya yang begitu menyejukkan.

Pulau Komodo

Orang pertama yang menamakan pulau ini sebagai Pulau Komodo adalah seorang warga Belanda bernama Steyn Van HensBroek. HensBroek mendatangi Pulau Komodo setelah mendengar keberadaan hewan besar di pulau ini yang disebut mirip dengan hewan mitologi naga. Penelusuran HensBroek di pulau ini pun didokumentasi serta dipublikasikan di Museum Bogor dan pulau ini mulai dikenal dengan nama Pulau Komodo.

Pulau Komodo adalah satu dari 7 Keajaiban Dunia (hasil voting 2011). Taman Nasional Komodo terdiri dari 3 pulau besar; Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar serta pulau-pulau kecil lainnya. Luas taman nasional ini secara keseluruhan adalah 1.817Km2.  Pulau Komodo terletak di ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di pulau Komodo, hewan Komodo hidup dan berkembang biak dengan baik, menurut data, hingga pertengahan 2009, pulau ini dihuni sekitar 1300 ekor komodo (+/- 2500 ekor di semua Pulau di  TM. Komodo).

Pantai Pink

Satu lagi yang ada di Taman Nasional Komodo, Pulau Komodo, NTT, yang bernama Pantai Merah atau Pantai Pink. Tak banyak pantai yang memiliki pasir seperti ini, bahkan ada yang bilang hal tersebut sebagai salah satu kejaiban dunia. Pantai Pink Lombok adalah satu dari sekian pantai di Indonesia yang memiliki pasir pantai berwarna pink. Warna pink pada pasir pantai terbentuk dari butir-butir putih yang bercampur dengan serpihan halus karang merah yang telah mati. Bias sinar matahari dan terpaan air laut menambah kejelasan warna merah muda (pink) di pantai tersebut.

Para pengujung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti Snorkeling, Bermain Pasir, Berenang, Hooping Island, Hunting Foto dan juga Membakar Ikan.

Manta Point Labuan Bajo

Tempat wisata eksotis nan menawan ini tidak hanya akan menyuguhkan ekosistem laut yang kaya namun juga ekosistem darat yang tak kalah menarik dengan penampakan si raja kadal, Komodo. Menyelam sembari bercengkerama dengan para ikan manta memang menyenangkan yang dengan itu mampu menarik turis mancanegara namun ombak besar dari dasar laut tetap perlu diwaspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: