7 Obat Alami Ini Dijamin Bikin Sariawanmu Cepat Sembuh!

7 Obat Alami Ini Dijamin Bikin Sariawanmu Cepat Sembuh!

--

DISWAY JOGJA - Sariawan adalah penyakit yang umum dialami, mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Meski terlihat sepele, sariawan sangat mengganggu karena rasanya perih dan tidak nyaman saat makan.

Masih banyak yang bingung menyembuhkan sariawan, hingga mencoba berbagai obat yang malah memperparah rasa perih. Padahal, ada 7 obat alami yang dapat menyembuhkan sariawan tanpa perih.

Bahan-bahan alami ini bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran, bahkan beberapa di antaranya sudah tersedia di dapur. Cara pengaplikasiannya pun mudah karena bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan orang lain.

Anda tak harus selalu ke dokter jika mengalami sariawan, karena ada cara menyembuhkan sariawan dengan bahan alami tanpa perih, dan dijamin sembuh. Simak ulasan berikut .ini:

1. Berkumur Air Garam

Garam mempunyai sifat antiseptik yang bisa membersihkan dan menenangkan sehingga kerap dijadikan obat rumahan paling efektif, termasuk menangani Sariawan. Berkumur air garam diklaim mempercepat proses penyembuhan jaringan gusi, bibir, atau mulut yang terdampak sariawan.

Caranya juga mudah. Anda tinggal menyiapkan satu sendok garam dan campurkan dengan setengah cangkir air hangat. Kumur-kumur dengan larutan air garam selama 15-30 detik. Ulangi langkah ini untuk beberapa kali sehari sampai sariawan membaik.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa diklaim memiliki kandungan zat antimikroba yang ampuh untuk mengatasi peradangan sariawan. Cara menyembuhkannya pun cukup mudah. Anda tinggal mengoleskan minyak kelapa ke bagian yang sakit di area mulut untuk beberapa kali sehari hingga sariawan sembuh total.

3. Madu

Madu mempunyai sifat antiradang dan antibakteri yang baik untuk dijadikan obat sariawan alami. Jenis madu paling efektif untuk menyembuhkan sariawan adalah madu murni yang tidak melewati proses pasteurisasi.

Jika ingin menggunakan madu sebagai obat sariawan alami, Anda tinggal mengoleskannya ke luka sariawan. Lakukan cara ini sebanyak 3-4 kali sampai hisngga sariawan Anda mereda dan benar-benar sembuh.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang luar biasa karena punya banyak khasiat untuk kesehatan, termasuk menyembuhkan sariawan. Zat antiperadangan yang terkandung dalam lidah buaya diklaim mampu menyembuhkan sariawan tanpa perih.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, Anda tinggal mengoleskan gel dari lidah buaya yang telah dibersihkan ke bagian sariawan selama beberapa kali sehari sampai benar-benar sembuh.

5. Sayur dan Buah-buahan

Salah Satu penyebab utama sariawan adalah kekurangan nutrisi dan vitamin. Oleh karena itu, Anda perlu banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Jika kebutuhan nutrisi dan vitamin terpenuhi, imunitas tubuh bakal lebih kuat dan terhindar dari sariawan.

Jika Anda sedang dalam tahap pemulihan, cobalah untuk mengkonsumsi sari cuka apel atau jus lemon. Jus lemon yang diseduh tanpa gula diklaim punya sifat antiseptik dan antijamur yang ampuh melawan jamur atau bakteri penyebab sariawan.

6. Minum yoghurt

Yoghurt adalah minuman probiotik dengan kandungan kultur bakteri baik yang bermanfaat untuk menghentikan pertumbuhan jamur C. albicans secara berlebih.

 

Ketika mengalami sariawan, Anda bisa dengan rutin mengonsumsi yoghurt setiap hari supaya bakteri baik tersebut kembali menyeimbangkn jumlah C. albicans.

7. Kunyit

Kunyit termasuk rempah-rempah mengandung zat kurkumin dan atsiri yang dianggap memiliki kemampuan anti-inflamasi.

Untuk menyembuhkan sariawan, Kunyit bisa jadikan minuman hangat lalu pakai berkumur beberapa detik dan lakukan sesuai kebutuhan hingga kondisi sariawan terasa membaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: