Sering dibuang, Ternyata Kulit Buah ini Bermanfaat untuk Kecantikan!

Sering dibuang, Ternyata Kulit Buah ini Bermanfaat untuk Kecantikan!

--

DISWAY.JOGJA - Pisang merupakan salah satu buah yang mudah ditemukan di berbagai tempat. Selain memiliki rasa yang enak, pisang juga terkenal membantu menyehatkan pencernaan. Namun sayangnya, banyak yang belum tahu bahwa kulitnya memiliki sejuta manfaat untuk kecantikan.

Perlu diketahui bahwa, kulit pisang memiliki kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang baik untuk kesehatan kulit, sehingga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada wajah. Ini tentu dapat menjadi alternatif untuk merawat kulitmu dengan harga yang lebih low budget.

Tak hanya itu, kulit pisang juga memiliki kandungan senyawa bioaktif, seperti karotenoid dan asam fenolat. Senyawa ini dipercaya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit. Selain itu kulit pisang juga mengandung polifenol yang bersifat sebagai antioksidan. Serta kandungan-kandungan lain yang bersifat sebagai antimikroba dan antiradang yang baik untuk melawan masalah kulit. 

Beberapa manfaat kulit pisang untuk wajah yang tidak boleh dilewatkan antara lain:

- Mencegah kerutan

- Menghilangkan kutil

- Mengatasi penuaan dini

- Melembapkan kulit wajah

- Memudarkan bekas jerawat

- Mengurangi peradangan pada jerawat

- Mengurangi lingkar hitam di bawah mata 

- Mengurangi bengkak atau sembap pada mata

- Menghilangkan rasa gatal pada penderita psoriasis

 

Banyaknya manfaat kulit pisang ini tentu bersumber dari kandungan nutrisi di dalamnya, seperti kalium, magnesium, vitamin B6, dan vitamin B12. 

Bagi kamu yang masih bingung bagaimana pengolahan kulit pisang untuk kecantikan, simak ulasan berikut yaa

1. Masker kulit pisang

Seperti halnya cara membuat masker lainnya kamu bisa menghaluskan kulit pisang hingga berubah tekstur. Tambahkan air mawar bila punya dan masker kulit pisang siap digunakan

2. Gosokan langsung ke wajah

Bila tidak ingin repot membuat masker maka kamu bisa menggosokkannya langsung ke kulit wajah. Cara ini efektif untuk mengurangi kerutan, bengkak, mencerahkan kulit, mengatasi kulit kering, dan mencegah jerawat. 

Lakukan cara ini dengan keadaan wajah bersih sampai kulit pisang berubah warna menjadi coklat ya.

3. Tempelkan di area bawah mata

kulit pisang juga dapat ditempelkan sebagai masker mata untuk mengurangi kerutan dan menyerahkan mata. Caranya, potong kulit pisang kecil-kecil seukuran mata, lalu tempelkan layaknya menggunakan masker seperti pada umumnya. Diamkan 10 sampai 15 menit dan jangan lupa dibilas.

4. Scrub kulit pisang

Cara lain untuk mendapatkan manfaat kulit pisang yakni membuatnya menjadi scrub. Selain kaya nutrisi, cara ini juga bisa membantu mencerahkan kulit, membantu mengangkat sel kulit mati tanpa menyebabkan kulit kering, dan mengatasi wajah berjerawat.

Caranya, siapkan satu sendok makan bubuk kunyit, sedikit gula pasir, dan satu sendok teh madu, dan kulit pisang yang sudah dipotong-potong lalu aduk hingga mengental seperti pasta. Setelah jadi, oleskan campuran pada wajah, lalu diamkan 15-20 menit dan bilas dengan air hangat.

 

Sekalipun terbuat dari bahan alami, kegunaan kulit pisang untuk wajah juga bisa menimbulkan risiko efek samping. Beberapa orang yang mempunyai alergi dapat merasa gatal-gatal, atau bengkak di kulit, hidung bersin, dan beberapa risiko lainnya. Karenanya tetap berhati-hati dan kenali hal-hal yang cocok kamu gunakan dan yang perlu kamu hindari.

Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: