5 Manfaat Sunscreen yang Wajib Kamu Ketahui! Dapat Menurunkan Resiko Kanker

5 Manfaat Sunscreen yang Wajib Kamu Ketahui! Dapat Menurunkan Resiko Kanker

--pixabay.com

DISWAY JOGJA - Sunscreen merupakan salah satu jenis skincare atau pewarna kulit yang wajib digunakan dan tidak boleh terlewat. Manfaat Sunscreen sangat bagus bagi kesehatan kulit wajah, satu diantaranya untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Tetapi tentu bukan itu saja manfaat dari sunscreen, lalu apa saja manfaat lain dari sunscreen? mari simak penjelasan berikut:

1. Melindungi kulit dari sinar UV

Manfaat sunscreen yang utama adalah untuk melindungi kulit dari paparan sinar Ultravioler (UV), sinar UV yang paling dikenal yaitu sinar UVA dan UVB.

Dua jenis sinar UV tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, sinar UVA mampu merusak kulit dan menyebabkan tanda-tanda penuaan dini muncul, sedangkan untuk sinar UVB memicu sensasi perih terbakar atau seperti peradangan pada kulit, hal itu dapat menyebabkan efek belang sekaligus gelap pada kulit serta bisa memicu terjadinya kanker kulit.

Untuk meminimalisir hal tersebut dapat anda dapat mengaplikasikan sunscreen pada kulit dan wajah sebelum beraktifitas sehari - hari khususnya saat beraktivitas di luar ruangan, sehingga kulit wajah anda tetap terlindung dari sinar UV.

2. Mempertahankan warna kulit tetap merata

Penggunaan sunscreen dapat meratakan warna kulit wajah kita yang tidak merata akibat kulit terluka atau mengalami jerawat.

Sunscreen juga bisa mencegah masalah pigmen kulit kita sehingga dapat mencerahkan tampilan kulit kita yang sedikit gelap dari warna kulit sekitarnya.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Manfaat Daun Sirih Cina, Salah Satunya Dapat Mengatasi Jerawat

3. Mencegah penuaan dini

Efek dari paparan sinar UV selain menyebabkan kegelapan warna pada kulit, munculnya noda hitam, warna kulit tidak merata dan efek buruknya yaitu tanda penuaan dini. Contohnya kulit terasa kering, kasar, munculnya bintik – bintik hitam, garis halus hingga kerutan pada wajah.

Jika tidak ingin tanda – tanda tersebut muncul, mulailah rutin menggunakan sunscreen sebelum melakukan aktifitas diluar ruangan dan sebelum pengaplikasian make up.

4. Mengurangi munculnya noda hitam pada wajah

Manfaat sunscreen lainnya yaitu mencegah melisma atau bercak yang warnanya lebih gelap daripada warna kulit sekitarnya, jenis noda gelapnya bisa terlihat seperti tahi lalat.

Penggunaan sunscreen yang berlabel SPF dan PA setiap hari dapat efektif untuk mencegahmelisma dan dapat memperbaiki melisma yang sudah ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: