Polres Tegal Imbau Warga, Waspadai Pesan Mencurigakan

Polres Tegal Imbau Warga, Waspadai Pesan Mencurigakan

Personil Bhabinkamtibmas Polsek Adiwerna menghindarkan warganya untuk tidak terpedaya pesan mencurigakan di ponsel, kemarin.-hermas purwadi-jogja.disway.id

SLAWI, DISWAY JOGJA - Langkah antisipasi menghindarkan warga agar tidak tertipu dalam penggunaan ponsel dilakukan jajaran Polres Tegal.

 

Kali ini anggota Bhabinkamtibmas Polsek Adiwerna mengimbau warganya  untuk berhati-hati terhadap pesan yang mencurigakan dan tidak jelas. Seperti pesan yang mengirimkan bentuk aplikasi yang tidak jelas yang baru-baru ini tersebar di WhatsApp.

 

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK melalui Kapolsek Adiwerna AKP  Zaeful Aziz menyatakan personil Bhabinkamtibmas berupaya semaksimal mungkin menghindarkan warganya agar tidak diperdaya aksi penipuan melalui media ponsel.

 BACA JUGA:Pembongkaran Tak Merata, Pemilik Warung di OW PAI Tegal Protes

"Berbagai cara telah dilakukan untuk mengimbau warganya untuk berhati-hati terhadap pesan yang tidak jelas dari seseorang. Salah satunya yakni dengan mendatangi acara-acara sosialisasi maupun kegiatan keramaian lain diwilayah kerjanya," ujarnya, Kamis 6 Juli 2023.

 

Dia menjelaskan, ketika seseorang menerima pesan tersebut, bisa terjadi kemungkinan nanti akan ada hack ataupun virus semacam lainnya yang akan menyerang setelah mengklik aplikasi tersebut.

 BACA JUGA:Diduga Imbas OTT KPK, Proyek Pengembangan Stasiun Tegal Dipertanyakan

"Hati-hati terhadap pesan yang tidak jelas, seperti berbentuk apk dari seseorang yang juga tidak jelas, bisa ada virusnya ataupun di hack hp bapak ibu sekalian," cetusnya.

 

Kemudian setelah pesan berbentuk aplikasi tersebut dibuka, pembuka pesan akan diarahkan untuk setuju atau tidaknya, maka disitulah pembobol kemungkinan akan meretas hp dari warga.

 

"Ketika membukanya, disitulah mungkin data-data yang ada di hp mereka bisa diretas," ungkapnya. Pihaknya  berharap, ketika warga masyarakat mendapatkan pesan WhatsApp yang tidak dikenal berupa aplikasi apk, lebih baik diabaikan.

 BACA JUGA:Bupati Tegal Tilik Desa di Wringin Jenggot, Warga Tanyakan Rehab RTLH Hingga Stunting

"Diabaikan saja. Mungkin kalau bingung dan ingin mencari petunjuknya, bisa melakukan konsultasi di Polsek terdekat," tegasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: koran radar tegal