Kabar Gembira, Trans Jogja Tambah Rute Baru, dari Kota Yogyakarta ke Bantul

Kabar Gembira, Trans Jogja Tambah Rute Baru, dari Kota Yogyakarta ke Bantul

Bus Trans Jogja. Foto: Instagram/Transjogja official --

YOGYAKARTA, DISWAYJOGJA.ID - Trans Jogja menambahkan rute baru pada Kamis 3 November 2022.

Rute baru tersebut menghubungkan dua terminal, yaitu Terminal Ngabean Kota Yogyakarta menuju terminal Palbapang Kabupaten Bantul.

Launching rute baru Trans Jogja ini dilakukan oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI.

BACA JUGA:Mahasiswa Gratis Naik Trans Jogja?, Sabar...Ini Baru Usulan Anggota Dewan

Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Suharto mengatakan pembukaan rute baru sebagai bentuk evaluasi terhadap kebutuhan masyarakat akan layanan bus Trans Jogja.

"Hari ini kami membuktikan bahwa angkutan umum itu tidak terbatasi oleh wilayah," kata Suharto, seperti dikutip dari jogja.jpnn.com, Jumat 4 November 2022.

Menurut suharto, pihaknya akan terus mengevaluasi terhadap kebutuhan transportasi di masyarakat agar tujuan pelayanan transportasi publik bisa maksimal.

Sementara itu, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengapresiasi penambahan rute Trans Jogja ke wilayahnya. Dikatakan, ia dan warga Bantul sangat senang dan menyambut baik kehadiran Trans Jogja.

BACA JUGA:Polres Bantul Razia Miras, Puluhan Botol Diamankan Petugas

“Dengan hadirnya rute baru ini diharap dapat melayani kebutuhan masyarakat Bantul akan transportasi umum yang representatif, nyaman dan terjangkau sehingga dapat meningkatkan produktivitas masyarakat dan kelancaran transportasi kita," katanya.

Abdul Halim juga berharap dengan adanya layanan transportasi ini akan dapat mendorong masyarakat Bantul untuk mengurangi penggunaan transportasi pribadi.

"Saat ini kita ketahui bersama bahwa jumlah kendaraan bermotor makin hari makin banyak, tetapi pertumbuhan ruas jalan tidak sebanding," ucapnya.

BACA JUGA:Ratusan Penumpang di Purwokerto Gagal Naik KA, Alasan Paling Banyak Karena Belum Vaksin Ketiga

 

Kartu Khusus Pelajar

Sementara para pelajar SD, SMP dan SMA saat ini bisa menikmati perjalanan menggunakan Trans Jogja menuju sekolah atau sebaliknya dengan tarif sangat murah.

Saat ini telah hadir Katu Khusus Pelajar yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran layanan Trans Jogja.

Dengan harga kartu Rp50.000 sudah berisi saldo sebesar Rp50.000, pelajar dapat menikmati layanan Trans Jogja dengan biaya senilai Rp60 per transaksi.

 

BACA JUGA:Jalan Jogja-Wonosari Sempat Tak Bisa Dilintasi Karena Ambles, Ini Jalur Alternatif ke Gunungkidul

Kartu Khusus Pelajar ini bisa didapatkan di beberapa halte meliputi Halte Jombor, Halte Samsat Kota Yogyakarta, Halte Taman Pintar, Halte Amplaz, dan Halte Bandara Adisutjipto dengan menunjukkan Kartu Pelajar atau Surat Keterangan Sekolah.

Dihadirkannya Kartu Khusus Pelajar ini adalah demi mengurangi kemacetan dan risiko kecelakaan.

“60 Rupiah Kanggo Cah Sekolah! Yuk, buat seru perjalananmu ke sekolah dengan naik angkutan umum!,” dikutip dari akun instagram @transjogja_official. (*)

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Trans Jogja Official (@transjogja_official)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com