Tegal Raya Mulai Masuk Musim Penghujan

Tegal Raya Mulai Masuk Musim Penghujan

Prakirawan BMKG Sri Nurlatifah saat mendeteksi cuaca. (Agus Wibowo/Radar Tegal)--

TEGAL (DISWAY JOGJA) - Hujan yang turun berturut-turut di wilayah Tegal Raya (Kota/Kabupaten Tegal dan Brebes) saat malam hari sejak empat hari lalu rupanya menjadi awal tanda musim penghujan mulai datang.

Hal ini dikatakan Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tegal, Sri Nur Latifah, Minggu (11/9/2022).

Menurutnya, awal musim hujan diperkirakan terjadi pada September hingga November 2022 dengan puncak musim penghujan diprediksi terjadi pada Desember 2022 dan Januari 2023.

"Berdasarkan analisa dan pengolahan data, musim hujan di jawa tengah terjadi pada bulan oktober 2022," terangnya.

Kendati demikian, lanjut Sri, untuk wilayah Kabupaten Tegal, musim hujan datang lebih awal, yaitu september dasarian I atau awal September 2022.

"Kemudian untuk Kota Tegal awal musim hujan diprakirakan terjadi pada awal November 2022," bebernya.

Ditambahkan bahwa pada periode yang sama, terdapat fenomena La Nina yang diperkirakan akan terus melemah dan menuju netral pada Desember 2022-Januari 2023.

Selain itu juga ada fenomena Indian Ocean Dipole (IOD) yang diperkirakan akan tetap negatif hingga November 2022.

"Kombinasi dari kedua fenomena tersebut (La Nina dan IOD Negatif) diperkirakan akan berkontribusi pada meningkatnya curah hujan di Indonesia," ujarnya.

Karenanya, hujan yang hampir tiap malam turun beberapa akhir ini, merupakan salah satu tanda bahwa musim penghujan mulai datang. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cuaca tegal raya