Fantastis! Transkasi Expo Pekan Raya Kendal Capai Rp20 Miliar

Fantastis! Transkasi Expo Pekan Raya Kendal Capai Rp20 Miliar

PRK ditutup dengan pengajian akbar yang menghadirkan Gus Miftah bersama Cak Percil, Kuntet dan Hengky. (Foto: Nur Kholid/Radar Pekalongan) --

KENDAL (Disway Jogja) – Transaksi selama berlangsungnya Pekan Raya Kendal (PRK) yang digelar Pemkab Kendal di Stadion Utama Kebondalem mencapai Rp20 miliar.

 

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kendal Tavip Purnomo menyampaikan hal itu pada penutupan PRK di Stadion Utama Kendal.

 

PRK yang merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi ke-417 Kabupaten Kendal diselenggarakan 23-28 Juli 2022. Pameran ini diikuti 48 stan OPD, 33 stan swasta, 15 stan BUMN dan BUMD, serta ratusan PKL dan belasan permainan anak-anak.

 

”Selama pameran terjadi transaksi kurang lebih Rp20 miliar,” kata Tavip Purnomo.

 

Tavip mengatakan, PRK diadakan untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Kendal dengan mengadakan pameran potensi produk unggulan Kabupaten Kendal dalam Expo 2022 sebagai sarana promosi industri, jasa dan budaya. 

 

PRK memamerkan pembangunan infrastruktur pemerintah, pariwisata, industri, kerajinan UMKM, lembaga keuangan, perusahaan otomotif, telekomunikasi, pertanian, dan produk elektronik.

 

Untuk bidang jasa di antaranya jasa pendidikan, kursus, keterampilan dan jasa lain serta kuliner. ”Tujuannya untuk memajukan ekonomi kerakyatan dalam bentuk produk lokal, nasional dan regional,” katanya.

 

Lebih lanjut, Tavip mengatakan, digelarnya PRK juga untuk membangun ruang ikatan antar anak bangsa dengan menjalin komunikasi melalui seni budaya lintas komunitas, baik tradisional maupun daerah. Memberikan penyadaran rasa memiliki terhadap karya tradisional dan produk unggulan.

 

”Dari sinilah akan melahirkan rasa nasionalisme terhadap bangsa dan negara dalam partisipasi masyarakat Kabupaten Kendal dalam mensukseskan Kendal Expo 2022,” katanya.

 

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Kendal, karena pelaksanaan PRK berjalan tertib, aman, lancar dan tidak terjadi hal yang aneh-aneh.

 

Selain itu, pengunjung juga mau menjaga kebersihan di lokasi PRK di Stadion Utama. ”Ini adalah keberhasilan seluruh masyarakat Kendal yang sudah mendukung Pekan Raya Kendal selama seminggu ini,” ucapnya.

 

Pemkab Kendal mampu menyelenggarakan event skala besar seperti Pekan Raya Kendal. Tiap hari mengecek setiap hari selalu penuh pengunjung. Banyak UMKM yang berkontribusi terhadap Pekan Raya Kendal. “Ini menunjukkan, bahwa kita semua mampu untuk bisa membuat event skala besar,” ujarnya.

 

PRK ditutup dengan pengajian akbar yang menghadirkan Gus Miftah bersama Cak Percil, Kuntet dan Hengky. Pengajian Gus Miftah menjadi yang paling ditunggu-tunggu masyarakat Kabupaten Kendal, yang bisa dilihat dengan antusias masyarakat yang memenuhi lapangan stadion, termasuk tribun penonton. (lid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan