Bingung Liburan ke Mana? Yuk, ke Museum Mini Sisa Hartaku. Bisa Kenang Dahsyatnya Erupsi Gunung Merapi

Bingung Liburan ke Mana? Yuk, ke Museum Mini Sisa Hartaku. Bisa Kenang Dahsyatnya Erupsi Gunung Merapi

Salah satu sudut Museum Mini Sisa Hartaku di Kabupaten Sleman. (Foto: M. Sukron Fitriansyah/jpnn.com)--

SLEMAN (Disway Jogja) - Masih bingung akhir pekan mau menghabiskan waktu ke mana? Di Kabupaten Sleman ada banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. 

 

Salah satunya Museum Mini Sisa Hartaku yang berlokasi di Jalan Petung Merapi, Petung, Kelurahan Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan.

 

Museum Mini Sisa Hartaku menyimpan berbagai koleksi benda yang terdampak erupsi Gunung Merapi, seperti barang pecah belah, sepeda motor, tulang ternak hingga foto-foto pascaerupsi.

 

Menariknya, koleksi tersebut tersimpan dengan baik di rumah yang terdampak erupsi dahsyat tersebut. Pemilik museum Riyan menceritakan bagaimana museum ini mulanya didirikan.

 

"Berawal dari rasa keprihatinan melihat puing-puing rumah dan rasa penasaran dengan barang rumah tangga, terus bentuknya seperti apa," kata Riyan.

 

Bermula dari sana, Riyan satu per satu mengumpulkan barang-barang rumah tangga yang bentuknya sudah tak utuh lagi. 

Barang-barang yang dibersihkan dan dikumpulkan tersebut kini terpajang rapi di sudut-sudut ruangan Museum Mini Sisa Hartaku. 

 

Setiap akhir pekan, wisatawan dari berbagai daerah berdatangan melihat langsung dahsyatnya erupsi Gunung Merapi kala itu. Riyan mengatakan jumlah kunjungan wisatawan saat weekday rata-rata 500-700 orang.

 

"Kalau weekend rata-rata 1.000-15.000 pengunjung. Kebanyakan luar Jogja bahkan luar Jawa," jelasnya. 

 

Pria paruh baya ini mengatakan bahwa tujuan mendirikan museum ini adalah untuk memberikan wawasan serta gambaran mengenai erupsi Gunung Merapi kepada para wisatawan. 

 

"Makna Gunung Merapi bagi saya merupakan sumber penghidupan untuk semua warga lereng Merapi," ujarnya.

 

Pemaknaan tersebut juga diyakini oleh masyarakat lereng Gunung Merapi. Ada banyak aktivitas yang dilakukan di lereng Gunung Merapi sehingga tak sedikit masyarakat yang memilih tetap tinggal di sana.

Untuk tarif masuk ke Museum Mini Sisa Hartaku sendiri masih sukarela. Wisatawan tinggal memasukkan uang berapa pun ke kotak kaca yang berada di tangga menuju lokasi museum.

 

Bagi Anda yang sangat tertarik dengan Gunung Merapi, Museum Mini Sisa Hartaku adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. (jpnn)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: