Patut Ditiru, Plt Bupati PPU Arahkan ASN Beli Beras Lokal

Patut Ditiru, Plt Bupati PPU Arahkan ASN Beli Beras Lokal

Petani di Penajam Paser Utara sedang mengecek tanaman padinya yang segera memasuki waktu panen. (Foto: Antara/HO) --

PENAJAM PASER UTARA (Disway Jigja) - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (Pemkab PPU) mendorong para aparatur sipil negara (ASN) untuk mengonsumsi beras lokal. Pelaksana tugas Bupati PPU Hamdan Pongrewa mengatakan dengan langkah tersebut menjadi solusi atas persoalan yang masih dihadapi petani dalam memasarkan beras lokal.

 

"Kami yakin pemerintah kabupaten bisa memberikan solusi terbaik untuk pemasaran beras petani lokal itu," kata Hamdan Pongrewa.

 

Dia menyampaikan solusi jangka pendek direncanakan pemasaran beras lokal melalui koperasi yang dibentuk Korp Pegawai Negeri (Korpri) PPU. Koperasi Korpri PPU akan membantu pendistribusian beras petani lokal untuk kebutuhan ASN di daerah tersebut.

 

"Koperasi itu bisa beli gabah atau beras petani untuk dikelola dan disalurkan kepada seluruh PNS di lingkungan pemerintah kabupaten," terangnya.

 

Hamdan menyampaikan untuk pemenuhan kebutuhan beras ASN tentu ada syarat yang harus dipenuhi. Beras para petani harus bisa memenuhi standar untuk dikonsumsi. Ia memberikan solusi atas persoalan yang dihadapi petani selama ini dalam memasarkan beras lokal.

 

Dia menilai keberadaan ibu kota negara (IKN) Nusantara juga merupakan peluang besar bagi para petani di PPU.

 

Menurut Hamdan, kehadiran pendatang di IKN Nusantara akan menambah jumlah kebutuhan pangan yang dapat disuplai dari daerahnya. Karena itu, dia berharap para petani tetap serius menjalankan pekerjaannya dan selalu mengikuti petunjuk dari para penyuluh pertanian.

 

"Penyuluh pertanian punya ilmu yang ditujukan untuk kemajuan pertanian dan dapat tingkatkan ekonomi para petani," ujar Hamdam Pongrewa. (jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com