Ratusan Santri Hadiri Syawalan Komunitas Pedagang Pasar Prambanan

Ratusan Santri Hadiri Syawalan Komunitas Pedagang Pasar Prambanan

H Imam Subarno memberikan tausiah dalam acara Syawalan Komunitas Pedagang Pasar di Pasar Prambanan, Jumat (27/5/2022). (Istimewa)--

SLEMAN (Disway Jogja)- Pemandangan tak lazim terlihat di Pasar Prambanan, Jumat (27/5/2022). Acara syawalan yang digelar Komunitas Pedagang Pasar, tiba-tiba kedatangan ratusan santri dari berbagai pondok pesantren di DIY. Para santri nampak datang menumpang sejumlah bus.

 

"Iya mereka memang kami undang. Anak-anak santri ini merupakan bagian dari keluarga kami. Karena setiap Jumat kami mengirimkan bantuan untuk mereka secara bergiliran," kata Ketua Panitia Syawalan sekaligus Ketua Kemunitas Jumat Berkah (KJB) Pasar Prambanan, Taugah Budiyono kepada diswayjogja.id.

 

Taugah mengatakan, para pedagang di Pasar Prambanan sejak 2019 mengembangkan kebiasaan berbagi bukan hanya untuk jamaah Sholat Jumat di masjid. Melalui KJB, para pedagang juga mengulurkan tangan berbagi dengan sekitar 30 pondok pesantren di wilayah DIY.

 

"Setiap pedagang berkontribusi sesuai kemampuan. Dan tidak harus berupa uang. Ada yang membantu berupa sayuran, sembako, bumbu dan lain sebagainya. Nah, setiap Jumat pagi bantuan ini kita kirimkan ke beberapa pesantren secara bergiliran," katanya.

 

Sekretaris Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Sleman, Sigit Milu Wibowo menambahkan, KJB yang diperluas ini merupakan bagian dari upaya pengurus dan pedagang pasar untuk membangun budaya saling membantu. Budaya saling membantu dan berbagi ini sangat penting, untuk menyatukan semangat dan membangun soliditas di antara pedagang.

 

"Selain itu, tentu untuk mengingatkan kita semua bahwa setiap rizki yang diberikan Allah ada sebagian haknya mereka yang membutuhkan. Hanya dengan cara itulah, Insya Allah setiap langkah kita menjadi berkah. Kami juga senang, karena doa anak-anak kami di pantilah kami selalu sehat dan dagangan kami laris," kata Sigit yang juga Takmir Masjid An Nafiu Pasar Prambanan ini.

 

Kegiatan syawalan ini, kata Taugah, dihadiri oleh 750-an orang. Selain pedagang pasar yang rela tidak berdagang di hari itu dan para santri dari berbagai daerah, juga hadir perwakilan dari Kalurahan Bokoharjo, perwakilan dari Paguyuban Pedagang Pasar se Sleman, Polsek Prambanan, Kapanewon Prambanan serta dari Pemkab dan DPRD Sleman.

 

Selain tausiah dari H Imam Subarno Pengasuh Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Dzikrul Qolbi Kulonprogo, juga tampil hiburan hadroh dari Panti Asuhan Rumah Yatim Kelor Karangmojo Gunungkidul.

 

"Kami juga menyediakan lebih dari 200 doorprize supaya lebih meriah," imbuh Taugah.

 

Dalam tausiahnya H Imam Subarno mengingatkan pentingnya setiap manusia memupuk tali silaturahim. Ia juga mengharapkan kepada jamaah yang hadir untuk tidak pernah putus saling mengenal dan tolong menolong, saling memaafkan dan saling melindungi. (war)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ratusan santri