Wisata Pantai Masih Padat, Mau Cari yang Bisa Basah-basahan ke Blue Lagoon Aja

Wisata Pantai Masih Padat, Mau Cari yang Bisa Basah-basahan ke Blue Lagoon Aja

SLEMAN (Disway Jogja) - Hingga Sabtu (7/5/2022) jalur wisata ke pantai di Bantul, Gunungkidul dan Kulonprogo masih padat. Nah, Anda yang ingin menikmati liburan dengan berbasah-basah tapi enggan ke pantai, Blue Lagoon di Dusun Dalem, Widodomartani, Ngemplak Sleman bisa jadi penawarnya.

Area Blue Lagoon sudah pasti tidak seluas kawasan pantai. Tapi obyek wisata satu ini, tak kalah menyenangkan. Bahkan, ada sejumlah kelebihan Blue Lagoon dibandingkan wisata ke pantai.

Selain udara sejuk adem lantaran obyek wisata ini berada di tepian desa dengan rerimbunan pepohonan terutama bambu, Blue Lagoon juga menawarkan sejuknya mandi dengan air yang berasal dari aliran Sungai Tepus dan mata air lokal.

Menurut Hanif salah satu pengelola Blue Lagoon, mata air ini menyebar di bawah sungai. Ada pula sejumlah mata air yang ada di bagian hulu Blue Lagoon dan dialirkan dengan pipa ke lokasi.

Saat ini, lokasi utama untuk mandi dan bermain air (Blue Lagoon) cukup luas untuk menampung 200-300 pengunjung sekaligus. Dengan kedalaman antara 0-4 meter, namun Blue Lagoon sangat aman untuk wisatawan bahkan anak-anak. Pengelola menyediakan ban pelampung dan jaket pelampung untuk pengunjung. Sewanya murah hanya Rp5 ribu saja.

Menunya Tidak Mewah Tapi Suasana Pedesaannya Sangat Terasa

Warung-warung kuliner di bantaran sungai yang bisa disinggahi wisatawan. (foto: warjono)

Selain bermain air dan mandi, pengunjung juga bisa melakukan susur sungai sepanjang sekitar 200-300 meter. Airnya jernih dan adem. Kalau haus dan lapar, wisatawan juga bisa mampir di warung yang banyak berdiri di sepanjang jalur bantaran sungai.

Menunya tidaklah mewah. Tapi sangat nikmat lantaran terbawa suasana alam pedesaan nan asri. Ada mie instan, aneka gorengan, ayam geprek, nasi goreng dan lain sebagainya.

"Saya datang pagi tadi jam 7 mas. Bawa 5 cucu. Dari kemarin rewel minta ke pantai. Tapi akhirnya saya bawa ke sini. Karena ke pantai terlalu jauh dan macetnya bikin malas," kata Warjiman, warga Bimomartani Sleman.

Selain Warjiman, Sabtu (7/5/2022) terlihat berdatangan juga wisatawan dari luar kota. Antara lain Jakarta, Surabaya.

Bagi Fadli, pengunjung Blue Lagoon asal Bekasi, Blue Lagoon sangat menyenangkan. Ia yang datang bersama keluarganya, sangat senang dengan suasana alam pedesaan yang jarang ditemui di kota besar.

"Sebelum mudik ke Jogja, anak anak sempat browsing. Ketemu Blue Lagoon ini. Ternyata memang asik meskipun tidak seindah yang ada di foto foto," katanya antusias.

Sunarto pengelola lainnya menyebut, air di Blue Lagoon biasanya memang berwarna kebiruan. Sangat menarik untuk diabadikan dengan video atau foto. Tapi warna cantik itu tidak terlihat, lantaran Blue Lagoon sempat diterjang banjir beberapa hari ini.

"Jadi belum pulih ke kondisi yang sebenarnya. Kami setiap pagi pukul 6 kerja bakti membersihkan dasar sungai dr lumpur. Semoga tidak lama lagi akan segera pulih," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: