UII Jogjakarta Tawarkan Beasiswa Pemimpin Global Bagi Mahasiswa Internasional

UII Jogjakarta Tawarkan Beasiswa Pemimpin Global Bagi Mahasiswa Internasional

SLEMAN (Disway Jogja) - Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta menjaring minat mahasiswa internasional untuk kuliah di UII.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar webinar UII Open Day for Prospective International Student 2022 pada Jumat (22/4/2022). Acara ini bertujuan mengenalkan beasiswa Future Global Leaders Scholarships (FGLS). Lewat FGLS, UII berkomitmen mendidik mahasiswa menjadi pemimpin global masa depan. 

Dalam rilisnya, Direktur DK/KUI UII, Dr.rer.nat. Dian Sari Utami, S.Psi., menjelaskan, tahun ini skema FGLS terbagi menjadi dua. Pertama yakni program regular yang siap menampung 50 orang mahasiswa internasional untuk belajar di program sarjana dan diploma.

Kedua yakni kemitraan dengan Kedutaan Besar di Yaman yang memberikan kesempatan bagi 6 orang mahasiswa Yaman untuk belajar di program sarjana dan magister. Pada skema kedua ini, mahasiswa diwajibkan mendapatkan rekomendasi dari Kedutaan Besar Yaman.

Dian mengatakan, beasiswa ini tidak hanya bertujuan untuk menggali potensi akademik mahasiswa lewat pembelajaran di kelas. Namun, mahasiswa juga diharapkan untuk memberikan kontribusi nyata kepada negara masing-masing setelah menyelesaikan studi di UII.

Sedangkan dana pengurusan visa dan tiket penerbangan dari negara asal ke Indonesia ditanggung oleh mahasiswa penerima beasiswa. Terkait dengan kuota, Dian menyatakan bahwa setiap program studi memiliki kuota masing-masing sebagai contohnya FK UII yang hanya menerima 2 orang mahasiswa setiap tahunnya.

Selama proses pendaftaran, terdapat beberapa persyaratan yang harus dikumpulkan calon mahasiswa. Persyaratan itu meliputi ijazah di jenjang pendidikan sebelumnya, hasil scan halaman pertama paspor, surat keterangan sehat, curriculum vitae/ resume, surat pernyataan tujuan belajar, sertifikat bahasa Inggris, surat pernyataan untuk tidak bekerja selama masa studi hingga pas photo berwarna dengan latar belakang merah. (wrj)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: