Tertarik Ikut Balik Mudik Gratis?, Ada Nih di Terminal Gowangan

Tertarik Ikut Balik Mudik Gratis?, Ada Nih di Terminal Gowangan

JOGJAKARTA (Disway Jogja) - Kementerian Perhubungan RI bekerjasama dengan berbagai instansi menyelenggarakan program mudik dan balik gratis pada Lebaran 2022. 

Beberapa hari terakhir, ratusan pemudik sudah pulang ke kampung halaman masing-masing menggunakan bus gratis di Terminal Giwangan, Yogyakarta. 

Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Suharto yang memberangkatkan pemudik dari Terminal Giwangan mengatakan, program mudik gratis merupakan upaya pemerintah untuk membantu masyarakat pulang ke kampung halaman dan kembali ke perantauan dengan aman dan nyaman.

"Setelah dua tahun ada pembatasan karena pandemi, antusias masyarakat untuk mengikuti mudik gratis pada tahun ini sangat tinggi," katanya.

Kementerian Perhubungan menyiapkan sekitar 700 bus mudik gratis dan seluruhnya terisi penuh bahkan masih ada permintaan masyarakat yang belum terpenuhi.

"Beberapa BUMN dan berbagai instansi lain pun kemudian menyelenggarakan program mudik gratis untuk membantu masyarakat kembali ke kampung halaman," katanya.

Idealnya, lanjut dia, jumlah warga yang mudik dan balik seharusnya sama.  "Namun, jumlah pemudik masih jauh lebih banyak dibanding warga yang balik. Mungkin banyak masyarakat yang masih ingin tinggal lebih lama di kampung halaman," katanya.

Berdasarkan hasil evaluasi program mudik gratis tahun ini, Suharto menyebut tidak menutup kemungkinan pihaknya aka menambah daerah tujuan mudik gratis sesuai kebutuhan masyarakat.

Hari ini, di Terminal Giwangan Yogyakarta memberangkatkan 46 bus program mudik gratis hasil kerja sama Kemenhub dan Pemprov DKI Jakarta. 

"Sebanyak 21 bus dari Kementerian Perhubungan dan sisanya dari Pemerintah DKI Jakarta. Satu bus rata-rata berisi 40 penumpang," kata Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta, Minggu (8/5).

Menurut dia, pemberangkatan bus program mudik gratis dari Terminal Giwangan tidak hanya dilakukan pada hari ini saja, tetapi sudah ada beberapa instansi yang juga sebelumnya memberangkatkan pemudik ke berbagai tujuan.

"Sehari sebelumnya ada pemberangkatan dari TNI dan marinir, serta dari salah satu perusahaan jamu. Setiap hari sekitar 30 sampai 35 bus mudik gratis," katanya.

Pemberangkatan bus mudik gratis masih akan berlanjut hingga Senin (9/5) dengan tujuan Pondok Pesantren Gontor.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi yang juga melepas mudik gratis dari Kementerian Perhubungan menyebut, program tersebut sangat membantu dan memberikan alternatif perjalanan mudik dan balik yang aman dan nyaman untuk masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: