Suhu Panas Ekstrim Sedang Melanda Jogja, Ternyata Ini Penyebabnya

Suhu Panas Ekstrim Sedang Melanda Jogja, Ternyata Ini Penyebabnya

YOGYAKARTA (Disway Jogja) – Suhu panas yang cukup ekstrim sedang melanda Jogja dan sekitarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memperkirakan suhu panas masih akan melanda Jogja hingga pertengahan Mei 2022.

Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Sleman Etik Setyaningrum meminta masyarakat tidak panik, tetapi tetap waspada terhadap cuaca yang terik.

Berdasarkan data hasil pengamatan di Stasiun Klimatologi Sleman, suhu maksimum harian di DIY yang terukur pada 1 Mei sampai 12 Mei 2022 berkisar 31 sampai 33,6 derajat Celcius.

"Suhu harian tertinggi mencapai 33,6 derajat celcius terjadi pada 3 Mei 2022," ujar Etik.

Menurut dia, suhu maksimum tertinggi di DIY pernah tercatat mencapai 36,4 derajat Celcius pada 21 Oktober 2019.

Etik menjelaskan fenomena suhu udara terik yang terjadi saat ini, khususnya pada siang hari tersebut antara lain dipicu posisi semu matahari yang saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator.

Dengan posisi demikian, tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujannya akan sangat berkurang, sehingga cuaca cerah pada pagi menjelang siang hari akan cukup mendominasi.

"Dominasi cuaca yang cerah dan tingkat awan yang rendah tersebut dapat mengoptimumkan penerimaan sinar matahari di permukaan bumi sehingga menyebabkan kondisi suhu yang dirasakan oleh masyarakat menjadi cukup terik pada siang hari," kata dia. Etik juga menyebut normal jika suhu udara panas tersebut masih dirasakan masyarakat hingga malam hari. (antara/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: