EWG Meeting di Yogyakarta Usung Dua Tema Utama, Menaker Ida Fauziah: Recover Together, Recover Stronger

EWG Meeting di Yogyakarta Usung Dua Tema Utama, Menaker Ida Fauziah: Recover Together, Recover Stronger

YOGYAKARTA (Disway Jogja) - Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziah mengatakan penyelenggaraan pertemuan kedua Kelompok Kerja Bidang Ketenagakerjaan (Employmnet Working Group/EWG Meeting) Presidensi G20 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 10-12 Mei 2022 kali ini mengusung dua tema utama.

Pertama, penciptaan lapangan kerja berkelanjutan menuju dunia yang berubah.

"Kami fokus pada kewirausahaan dan UMKM," ujar Ida seusai menjamu makan malam para tamu EWG Meeting di Candi Prambanan, Selasa malam (10/5).

Kedua, EWG Meeting kali ini akan membahas tentang adaptasi perlindungan tenaga kerja yang lebih efektif.

"Kami ingin ada peningkatan ketahanan terhadap tenaga kerja," ucap dia.

Dua hal di atas adalah turunan dari tema utama Presidensi G20 Bidang Ketenagakerjaan, yaitu "Meningkatkan kondisi kerja untuk pulih bersama".

"Focal Point-nya adalah recover together, recover stronger," kata Menaker.

Pada kesempatan itu, Menaker mengajak seluruh anggota G20 untuk bersama-sama membangun komitmen memulihkan dunia yang terdampak pandemi Covid-19.

"Mari bersama-sama menghadapi tantangan di bidang ketenagakerjaan," imbuh Ida.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi mengungkapkan dua hal penting yang dibahas dalam pertemuan hari pertama di Kota Yogyakarta.

"Hari ini kami sudah menyelesaikan pertemuan hari pertama kelompok kerja ketenagakerjaan. Ada dua isu penting yang kami bahas hari ini," ujar Anwar pada Selasa sore (10/5).

Dia mengatakan dua isu penting yang dibahas adalah penciptaan lapangan kerja yang berkelanjutan dan perlindungan sosial terhadap pekerja di dunia kerja yang baru.

"Pada penciptaan lapangan kerja kami fokus mengulas peran dari usaha kecil menengah," ucap dia.

Anwar menjelaskan bahwa hari ini para tamu anggota G20 mempresentasikan bagaimana dua isu itu dipraktikkan di negara masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: