Bertepatan Idul Fitri, Empat Warga Binaan Lapas Sleman Bebas

Bertepatan Idul Fitri, Empat Warga Binaan Lapas Sleman Bebas

SLEMAN (Disway Jogja) - Empat warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Sleman bakal menghirup udara segar, Senin (2/5/2022). Mereka akan menerima remisi khusus atau pengurangan masa hukuman bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Bersama mereka, sebanyak 103 WBP Lapas Sleman lainnya juga akan menerima remisi. Dari 103 orang itu, 73 WBP di antaranya menerima remisi tahun pertama  yakni pengurangan masa hukuman sebanyak 15 hari, dan 30 lainnya akan menerima remisi tahun kedua berupa pengurungan masa hukuman sebanyak 30 hari atau sebulan.  

“Jadi yang langsung bebas 4 orang. Yang 103 belum. Tapi mereka juga mendapatkan remisi,” kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas 2B Sleman, Kusnan A.Md.IP, S.Sos, SH, M.Si, dalam keterangannya, Minggu (1/5/2022).

Kepada diswayjogja.id, Kusnan menyatakan, WBP yang mendapat remisi adalah yang sudah menjalani masa hukuman minimal 6 bulan. Kemudian merek harus berkelakuan baik selama di lapas. Saat ini WBP Lapas Sleman berjumlah 279 orang. Termasuk di antaranya tahanan yang dititipkan oleh Polres ataupun Kejaksaan Sleman.    

Untuk wilayah kerja Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY, jumlah WBP yang akan menerim remisi khusus Idul Fitri 1443 H sebanyak 990 orang. Dari jumlah tersebut, 10 di antaranya akan langsung bebas setelah mendapat remisi.

Kepala Kanwil Kum HAM DIY, Imam Jauhari terkait perayaan Idul Fitri nanti, Kanwil Kum HAM masih melarang keluarga dari warga binaan untuk datang menjenguk. Kebijaan ini ditetapkan pemerintah pusat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Sebagai gantinya, warga binaan diberi kesempatan untuk bertemu keluarga secara virtual. Kanwil Kum HAM akan menyediakan sarana dan prasarana mereka yang ingin bertemu keluarga secara daring.

“Mereka bisa melakukan video call sesuai dengan jadwal. Kanwil Kum HAM memberikan fasilitas secara gratis untuk saling berkomunikasi,” katanya. (wrj)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: