BANTUL, diswayjogja.id - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, menilai pelayanan online di instansinya relatif lancar.
Hal ini ia sampaikan saat ditanyai mengenai efektivitas layanan daring Disdukcapil di wilayahnya.
“Kalau pelayanan online selama ini relatif lancar, artinya tidak banyak kendala terkait jaringan dan saluran,” katanya, Senin (6/10/2025).
Ia menambahkan, meskipun ada beberapa titik tertentu yang masih bermasalah, secara umum akses ke layanan publik di Kabupaten Bantul sudah baik.
Ia menjelaskan, meski terdapat beberapa blank spot di wilayah tertentu, secara prinsip layanan online Disdukcapil berjalan lancar dan tidak menghadapi masalah berarti.
“Kalau di titik tertentu mungkin ada blank spot harian, tapi saya tidak tahu persis di titik mana,” ucapnya.
BACA JUGA : Pelajar di Yogyakarta Tertipu Teman dari Aplikasi Online, Motor PCX Dijual Rp4 Juta
Fokus utama, menurutnya, adalah peningkatan kemampuan masyarakat dalam menggunakan layanan online.
“Stigma atau pandangan masyarakat memang sebagian besar masih lebih cepat datang langsung,” tuturnya.
Ia menekankan bahwa tantangan bukan di sisi teknologi, tetapi pada literasi digital warga. Terkait validitas data, ia menambahkan bahwa proses verifikasi tetap membutuhkan konfirmasi langsung untuk memastikan keakuratan informasi.
“Kalau terkait data, kan verifikasi memang butuh konfirmasi,” jelasnya.
Ia menekankan bahwa meski layanan online Disdukcapil relatif lancar, terkadang proses konfirmasi memerlukan waktu lebih lama karena persyaratan dokumen yang harus dipenuhi masyarakat.
BACA JUGA : Tuntut Hukuman Mati, JPU Sebut Yoga Andry Sengaja Habisi Sopir Taksi Online di Bantul
BACA JUGA : Tangis yang Belum Kering, Anak Sopir Taksi Online Desak Vonis Mati untuk Pelaku