10 Ciri Merek Mesin Cuci Terbaik Sudah Tidak Berfungsi Dengan Baik

Selasa 15-10-2024,09:28 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik menjadi salah satu alat rumah tangga yang membuat pekerjaan mencuci pakaian jadi lebih mudah dan menghemat waktu.

Tetapi, seperti pada alat elektronik lainnya, merek mesin cuci terbaik juga punya masa pakai dan dapat mengalami kerusakan seiring berjalannya waktu.

Apabila merek mesin cuci terbaik kamu sudah tidak dapat berfungsi dengan baik, selain akan mengurangi efisiensi mencuci, hal ini juga dapat meningkatkan penggunaann listrik dan air.

Penting untuk tahu ciri-ciri merek mesin cuci terbaik yang sudah tidak berfungsi dengan semestinya supaya kamu dapat segera melakukan perbaikan atau mempertimbangkan untuk menggantinya.

BACA JUGA:Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik Front Loading Bisa Hemat Listrik dan Air, Cek Disini

BACA JUGA:Perbedaan Merek Mesin Cuci Terbaik Manual dan Otomatis, Tampilan Hingga Hasil Pengeringan

Berikut tanda -tanda mesin cuci tidak berfungsi dengan baik :

1. Suara Berisik atau Getaran Tidak Biasanya

Hal ini bisa menjadi tanda terdapat masalah di komponen internal seperti sabuk, bantalan drum, ataupun motor. Bisa juga karena beban cuci tidak seimbang atau lantai tidak rata. Tapi, apabila masalah ini terus berlanjut, mungkin ada masalah pada stabilitas internal mesin yang harus diperbaiki.

2. Kapasitas Pencucian yang Menurun

Penurunan kapasitas pencucian dapat disebabkan karena penumpukan kotoran dalam drum, penyumbatan filter, dan masalah pada mekanisme putaran mesin.

Apabila kamu sering harus mengulang proses mencuci sebab pakaian tidak bersih, itu bisa jadi indikator kalau mesin cuci kamu butuh servis atau perlu penggantian.

3. Air Tidak Menguras dengan Baik atau Tidak Mengisi

Hal ini karena ada masalah katup air, pompa air tersumbat, dan sensor mesin telah rusak. Masalah pengurasan air, apabila air tetap ada di dalam drum setelah selesainya siklus, ada kemungkinan terdapat sumbatan di saluran pembuangan atau ada masalah di pompa pembuangan air.

4.  Keadaan Pakaian Masih Sangat Basah Saat Keluar

Masalah ini dapat disebabkan sabuk penggerak kendor atau rusak, motor melemah, atau masalah pada kontrol putaran.

BACA JUGA:Panduan Penggunaan Merek Mesin Cuci Terbaik Front Loading, Mudah dan Praktis

BACA JUGA:Deretan Merek Mesin Cuci Terbaik Mini Portable Berkualitas, Harga di Bawah Rp 1 Juta

5. Air Bocor dari Mesin Cuci

Apabila kamu menemukan genangan air di bagian bawah atau di sekitaran merek mesin cuci terbaik setelah pencucian selesai, penyebabnya mungkin seperti selang longgar atau rusak, segel pintu tidak rapat (di mesin cuci model bukaan depan), atau ada kebocoran drum.

Apabila kamu sudah mengganti selang atau segel pintu sudah dipastikan dalam kondisi baik tapi kebocoran masih saja terjadi, lebih baik kamu segera panggil teknisi untuk mengeceknya.

6. Lama Waktu Pencucian yang Tidak Normal

Apabila kamu mendapati kalau mesin cuci kamu butuh waktu lebih lama dari biasanya untuk menyelesaikan proses pencucian, bisa jadi terdapat masalah di sensor atau pada kontrol elektronik mesin.

Masalah ini dapar berpengaruh pada efisiensi energi dan menguras daya yang lebih banyak, sehingga tagihan listrik akan meningkat.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik, Hemat Listrik di Bawah 500 Watt

BACA JUGA:Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Anti Panas Dengan Harga Termurah

7. Drum Berputar Lemah atau Tidak Berputar

 Ini adalah tanda kalau ada masalah di motor atau di sabuk penggerak. Motor yang melemah dapat menjadi akibat usia mesin cuci sudah tua, dan sabuk penggerak kendor atau putus sering jadi penyebab drum tidak dapat berfungsi dengan baik. Apabila masalah ini dibiarkan, proses pencucian tidak bisa efektif, dan pakaian tidak bisa bersih dengan maksimal.

8. Bau Tidak Sedap yang Tidak Hilang

Ini berarti ada penumpukan kotoran, jamur, dan bakteri dalam drum atau di saluran air. Hal ini seringnya terjadi apabila mesin cuci tidak dibersihkan dengan rutin atau dibiarkan di keadaan yang lembap terlalu lama.

9. Tagihan Listrik atau Air Meningkat Tajam

Mesin cuci yang bermasalah kemungkinan akan butuh lebih banyak energi untuk melakukan siklus pencucian atau tidak mengatur pemakaian air secara efisien.

10. Siklus Cuci Sering Tersendat atau bahkan Gagal

Beberapa model mesin cuci punya fitur untuk mendeteksi adanya kesalahan dan mematikannya dengan otomatis apabila terdapat komponen yang tidak bisa berfungsi dengan baik.

BACA JUGA:Untuk Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik, Lebih Baik Pakai Air Panas atau Air Dingin?

BACA JUGA:Cara Menguras Lumut Di Merek Mesin Cuci Terbaik Pakai 4 Bahan Rumahan

Hal itu bisa disebabkan karena ada masalah timer, sakelar tutup rusak, atau papan kontrol rusak. Apabila masalah ini terus terjadi, sebaiknya segera dicek oleh teknisi yang profesional.

Itulah beberapa ciri-ciri yang menunjukkan kalau merek mesin cuci terbaik kamu tidak berfungsi dengan baik. Semoga bermanfaat.

Kategori :