7 Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Berputar Meski Sudah Hidup, Ini Cara Memperbaikinya

Rabu 09-10-2024,08:05 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik menjadi salah satu peralatan elektronik dalam rumah tangga yang dipakai untuk mencuci pakaian.

Merek mesin cuci terbaik menjadi salah satu alat yang banyak dicari, sebab mampu mencuci pakaian kotor dalam satu hari dengan jumlah yang banyak.

Selain itu, ada cukup banyak merek mesin cuci terbaik yang menghadirkan teknologi yang canggih guna mengurangi waktu dari pencucian. Bahkan, tidak sedikit juga yang diklaim hemat listrik dan air, sehingga lebih ramah bagi lingkungan.

Meskipun begitu, merek mesin cuci terbaik kadang bisa mengalami masalah seperti mesin hidup tapi tidak berputar. Hal itu tentu membuat kamu merasa jengkel, terutama saat cucian sudah menggunung.

BACA JUGA:Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik Portable Murah, Kapasitas 2 Kg Tanpa Listrik

BACA JUGA:5 Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Anti Goyang Dengan Harga Murah

Berikut ini penyebab mesin cuci tidak mau berputar tapi hidup :

1. Pengaturan Program yang Salah

Kemungkinan kamu cuma mengatur mesin cuci untuk mencuci atau untuk merendam saja, tanpa membuat drumnya berputar.

Pastikan program yang dipilih sudah sesuai kebutuhan pencucian kamu. Lebih detailnya, kamu bisa cek manual pengguna yang telah disediakan produsen mesin cuci.

2. Beban Cucian Lebih atau Kurang dari Kapasitasnya

Kamu harus tahu, umumnya mesin cuci dilengkapi sensor beban yang membantu dalam menyeimbangkan beban cucian dalam drum.

Jadi, jika beban cucian terlalu berat atau ringan, maka mesin cuci mungkin tidak dapat memutar drum. Sebelum kamu mencuci, pastikan kamu timbang dahulu berat dari cuciannya.

Jika kurang, kamu bisa mencucinya pada keesokkan harinya. Atau bila lebih, kamu bisa coba mengurangi beban cucian tersebut. Pastikan beban cucian sesuai kapasitas mesin cuci yang dipakai.

BACA JUGA:Cara Menghindari Merek Mesin Cuci Terbaik Konslet

BACA JUGA:Kelebihan Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung Dan Mesin Cuci 2 Tabung

3. Sabuk Longgar atau Putus

Di beberapa mesin cuci, penggerak drumnya memakai sabuk yang menghubungkan antara drum dengan motor. Bila sabuk tersebut putus ataupun longgar, maka mesin cuci kamu tidak akan dapat berputar.

Sebelum kamu mulai mencuci, pastikan kamu terlebih dahulu mengecek sabuk mesin cuci tersebut. Apabila sabuk tampak longgar atau putus, maka segera ganti yang baru.

4. Motor atau Penggerak Bermasalah

Penyebab mesin cuci hidup namun tidak berputar kemungkinan juga menandakan adanya masalah pada motor atau komponen penggerak yang lainnya.

Hal itu bisa disebabkan karena berbagai macam hal, seperti konsleting listrik sampai dengan komponen yang kondisinya sudah aus. Disarankan kamu panggil teknisi yang profesional supaya bisa dicek secara keseluruhan.

BACA JUGA:Cara Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Jutaan Murah Agar Awet Selamanya

BACA JUGA:Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik Pengering Harga 10 Jutaan

5. Bagian Elektronik atau Pemrograman Bermasalah

Masalah yang terjadi di bagian pemrograman atau elektronik mesin cuci terkadang bisa menyebabkan terjadinya masalah ini. Hal itu bisa termasuk kerusakan di motherboard atau adanya gangguan di sistem kontrol elektronik. Sangat disarankan kamu menghubungi layanan pelanggan produsen guna mendapat bantuan secara lebih lanjut.

6. Kesalahan Sensor atau Switch

Sudah ada banyak merek mesin cuci terbaik yang dibekali sensor atau switch yang berguna untuk mendeteksi berbagai macam kondisi, seperti keberadaan air dalam drum atau tutup pintu mesin cuci yang terbuka.

Apabila salah satu sensor atau switch tersebut mengalami kerusakan ataupun kegagalan, maka mesin cuci kemungkinan tidak akan berputar meski hidup. Sebelum kamu memulai pencucian, cek dan pastikan seluruh sensor dan switch dapat berfungsi dengan baik.

7. Periksa Sirkuit Listrik

Pastikan kamu juga memeriksa sirkuit listrik tempat mesin cuci kamu terhubung dan kondisinya benar-benar aman. Masalah sederhana seperti kabel lepas atau pemutus sirkuit kadang dapat mengakibatkan mesin cuci tidak berputar walaupun hidup.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab merek mesin cuci terbaik tidak  berputar meski sudah hidup, serta cara untuk memperbaiki masalah ini. Semoga bermanfaat.

Kategori :