Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Malah Bikin Apek, Begini Cara Mengatasinya

Jumat 04-10-2024,09:18 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik menjadi salah satu peralatan elektronik yang hampir tidak tergantikan di dalam rumah tangga modern.

Tetapi, ada saatnya pakaian yang dicuci dalam merek mesin cuci terbaik justru malah keluar dengan bau yang tidak sedap atau apek, meski sudah menggunakan deterjen yang paling baik.

Merek mesin cuci yang harusnya jadi alat untuk membersihkan pakaian, malah dapat menjadi sumber masalah apabila tidak dirawat dengan baik.

Dengan perawatan yang tepat dan pemakiaan merek mesin cuci terbaik sesuai dengan petunjuk, maka kamu bisa memastikan kalau pakaian yang keluar dari dalam mesin cuci akan selalu bersih dan harum.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Merek Mesin Cuci Terbaik Penyebab Pakaian Bau, Ini Penyebabnya

BACA JUGA : Cara Efektif Menghilangkan Jamur Di Merek Mesin Cuci Terbaik

Berikut penyebab mesin cuci malah bikin pakaian jadi apek :

1. Penumpukan Kotoran dan Sisa Deterjen

Apabila residu tidak dibersihkan secara berkala,maka bisa menjadi tempat untuk berkembang biak bagi jamur dan bakteri yang menyebabkan bau tak sedap. Residu ini sering terjebak di bagian yang susah dijangkau, seperti laci deterjen, karet pintu, dan filter.

Akhirnya, setiap mesin cuci dipakai, bau tersebut bisa tercampur dengan pakaian yang dicuci, sehingga timbul bau apek pada pakaian.

2. Kelembapan di Dalam Mesin Cuci

Mesin cuci yang kondisinya tidak pernah kering setelah dipakai menjadi tempat ideal bagi tumbuhnya mikroorganisme bakteri dan jamur.

Biasanya, pintu mesin cuci yang tertutup setelah dipakai mengakibatkan kelembapan terperangkap di dalamnya, kelembapan ini bisa menyerap bau dari lingkungan sekitar dan membuat timbul aroma tidak sedap.

Akibatnya, meski deterjen yang dipakai memiliki aroma harum, pakaian yang dicuci akan tetap bau apek apabila mesin cuci tidak sepenuhnya kering.

BACA JUGA : Cara Pakai Merek Mesin Cuci Terbaik Front Loading

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Mau Dibuka Manual, Ini Solusinya

3. Siklus Pencucian yang Tidak Efektif

Siklus pencucian yang terlalu pendek atau pemakaian air yang tidak cukup banyak dapat membuat deterjen tidak larut sepenuhnya dan tidak bisa membilas dengan sempurna. Hal ini akan membuat sisa deterjen dan kotoran tertinggal di pakaian ataupun di dalam mesin cuci.

Selain itu, suhu air yang terlalu rendah juga bisa menghambat efektivitas pencucian. Pencucian menggunakan air dingin memang akan hemat energi, tapi tidak selalu efektif menghilangkan minyak, bau, kotoran dari pakaian.

Air yang panas atau hangat bisa melarutkan deterjen dan membunuh bakteri penyebab bau apek.

4. Pakaian Terlalu Lama di Dalam Mesin

Kelembapan yang terjebak pada pakaian yang tidak cepat dikeluarkan dari dalam merek mesin cuci terbaik bisa menyebabkan bau apek.

Bahkan, dalam waktu beberapa jam saja, bakteri bisa mulai berkembang di pakaian basah yang terperangkap dalam mesin cuci dengan kondisi tertutup.

5. Penggunaan Terlalu Banyak Deterjen

Pemakaian deterjen yang berlebihan akan membuang-buang produk dan dapat meninggalkan residu di pakaian dan juag dalam mesin cuci. Kemudian residu ini menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab bau.

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Debu Merek Mesin Cuci Terbaik, Tidak Cukup Dilap Saja

BACA JUGA : Tips Membersihkan Bekas Noda Pakaian Dengan Merek Mesin Cuci Terbaik

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bau apek di mesin cuci :

1. Bersihkan Mesin Cuci Secara Berkala

Pastikan kamu membersihkan mesin cuci di bagian karet pintu, laci deterjen, dan juga di bagian filternya dengan rutin.

Pakai pembersih khusus untuk mesin cuci atau pakai campuran baking soda dan cuka untuk menghilangkan residunya.

2.  Setelah Digunakan, Biarkan Pintu Mesin Cuci Terbuka

Setelah itu, biarkan pintunya terbuka terbuka guna memungkinkan sirkulasi udara dan membantu mengeringkan di dalam mesin.

3. Gunakan Siklus Pencucian yang Tepat

Pilih siklus pencucian sesuai jenis pakaian dan tingkat kekotorannya. Pakai air hangat atau panas guna mencuci pakaian yang keadaannya sangat kotor atau bau.

4. Pakaian Jangan Dibiarkan Terlalu Lama di Dalam Mesin Cuci

Cepat keluarkan pakaian dari mesin cuci sesudah siklus pencucian selesai guna mencegah bakteri berkembang di pakaian yang basah.

BACA JUGA : Cara Jitu Menghemat Listrik Saat Menggunakan Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Berkerak, Berikut Cara Mencegahnya

5. Gunakan Deterjen dengan Takaran yang Tepat

Ikuti petunjuk pemakaian deterjen sesuai rekomendasi pada kemasan. Pemakaian deterjen yang tepat akan membuat pencucian efektif dan mengurangi penumpukan residu.

Itulah beberapa hal yang jadi penyebab merek mesin cuci terbaik malah bikin pakaian bau, serta cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Kategori :