Cara Memperbaiki Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Goyang Dan Berisik

Minggu 29-09-2024,11:41 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Cara memperbaiki pengering merek mesin cuci terbaik yang goyang dan berisik. Kamu tidak perlu mengganti mesin cuci yang baru, tetapi pastikan kamu untuk langsung memperbaikinya.

Sebab, jika tidak langsung diperbaiki, maka merek mesin cuci terbaik akan jadi cepat rusak di bagian pengeringnya.

Apalagi mesin cuci menjadi salah satu peralatan elektronik yang perannya sangat penting di rumah. Tanpa adanya merek mesin cuci terbaik, kamu tidak akan bisa mencuci pakaian dengan nyaman.

Merek mesin cuci terbaik yang bergetar ketika digunakan memang hal yang wajar, tetapi ketika getaran tersebut semakin kencang itu artinya terjadi masalah yang perlu segera diatasi supaya tidak merusak mesin cuci.

Apalagi jika mesin cuci yang kamu miliki model bukaan depan, akan cenderung lebih bergetar dibandingkan mesin cuci mmodel bukaan di atas.

BACA JUGA:Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Berputar dan Muncul Suara Dengung, Begini Solusinya

BACA JUGA:7 Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bukaan Depan Cepat Rusak

Hal itu sebab model mesin cuci yang efisiensinya tinggi mempunyai siklus putaran yang jauh lebih cepat. Walaupun demikian, kamu harus mengecek beberapa hal mengapa mesin cuci kamu tetap bergetar ketika kegiatan mencuci sedang dilakukan.

Pengering merek mesin cuci terbaik yang goyang dan berisik sebenarnya mesin cuci tidak rusak, tapi kamu harus tahu cara untuk memperbaikinya. Karena, lama - lama hal itu jika dibiarkan akan membuat pengering mesin cuci jadi rusak.

Berikut cara memperbaiki kerusakan pada pengering mesin cuci yang goyang dan berisik :

1. Permukaan Tidak Rata

Mesin cuci mempunyai kaki perataan manual atau otomatis, karena itu sangat penting ketika pertama kali memastikan kalau keempat kaki berada di permukaan yang rata.

Kaki mesin cuci biasanya akan menyesuaikan tapi bila getarannya tidak berhenti, mungkin kaki mesin cuci berada di permukaan yang tidak rata.

BACA JUGA:Tips Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Cara Tradisional

BACA JUGA:Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik Berkualitas Agar Tidak Cepat Rusak

Cara mengatasinya adalah ambil kayu, lalu kayu tersebut dipotong sesuai ukuran mesin cuci yang kamu ukur mulai dari depan mesin cuci ke dinding belakang mesin cuci, kemudian taruh di bawah mesin cuci.

Dengan metode ini, mesin cuci ada di atas permukaan yang kondisinya lebih rata dan bisa membuat getarannya berkurang.

2. Muatan Tidak Seimbang

Jika ada satu benda yang berukuran besar dan kondisinya basah seperti selimut di dalam mesin cuci, maka dapat membuat mesin cuci jadi tidak seimbang ketika mesin cuci dalam keadaan sedang diputar ataupun sedang bekerja. Ketidakseimbangan tersebut yang jadi penyebab mesin cuci menghasilkan getaran.

Dengan kamu menambahkan satu ataupun lebih handuk ataupun kamu mengatur ulang jumlah dari pakaian yang dicuci dapat mengurangi frekuensi dari getaran mesin cuci.

Getaran mesin cuci juga dapat disebabkan karena jumlah beban dalam tabung pengering mesin cuci yang terlalu berlebihan. Cara menanganinya yaitu atur kembali pakaian yang hendak dikeringkan dalam tabung pengering.

BACA JUGA:Cara Memperbaiki Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Tidak Berputar

BACA JUGA:7 Kondisi Merek Mesin Cuci Terbaik Perlu Dibawa Ke Tukang Servis

Selain itu, getaran yang dihasilkan mesin cuci ini juga bisa disebabkan karena muatan pakaian yang kurang dalam tabung pengering, sehingga kamu harus menambahkan muatannya.

3. Bantalan Getaran Mesin Cuci

Kondisi lantai yang tidak rata adalah salah satu penyebab mesin cuci bergetar, sehingga dengan kamu memberikan bantalan untuk kaki - kaki mesin cuci itu menjadi solusi yang terbaik untuk mengurangi getaran yang muncul pada mesin cuci kamu. Bantalan ini berbahan dari karet yang sesuai ukuran kaki mesin cuci sehingga dapat meredam getarannya.

4. Dudukan Tabung Pengering Longgar

Antara motor dinamo dengan bagian tabung terdapat sekat yang gunanya sebagai dudukan tabung pengering. Bila keadaan dudukan tersebut sudah tak sesuai ataupun sudah longgar, maka itu juga akan berpengaruh di putaran tabung pengering.

Lama - lama dudukan yang longgar itu akan melebar dan membuat tabung pengering jadi oblak saat berputar dengan cepat. Hal itu tentu bisa menyebabkan pengering mesin cuci 2 tabung jadi menghasilkan suara yang berisik ketika digunakan.

BACA JUGA:Perbandingan Baju Dan Air Di Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Tidak Overload

BACA JUGA:Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bergetar Kencang Saat Mengeringkan Baju

Untuk mengatasi masalah ini kamu perlu terlebih dahulu mengecek agar kamu tahu seberapa longgar dudukan tersebut.

Apabila kelonggarannya masih dapat ditoleransi, maka biasanya teknisi akan mencoba untuk memperbaikinya dengan mengganjal dudukan tersebut.

Tetapi, apabila ternyata kondisinya sudah terlalu parah, maka tentu perlu dilakukan pergantian supaya pengering tidak berisik dan kembali normal.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki kerusakan pengering merek mesin cuci terbaik yang goyang dan berisik. Semoga bermanfaat.

Kategori :