Tips Hemat Listrik dan Air Merek Mesin Cuci Terbaik, Ikuti Langkah Mudah Berikut

Senin 30-09-2024,11:52 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

Jika dibandingkan detergen pada umumnya, detergen khusus mesin cuci memiliki busa lebih sedikit sehingga tidak perlu dibilas berulang-ulang. 

Dengan detergen yang sesuai, siklus pencucian mesin cuci jadi lebih efisien sehingga penggunaan listrik dan air dapat ditekan. 

3. Isi Mesin Cuci dengan Kapasitas Optimal 

Tips selanjutnya agar mesin cuci hemt listrik dan air adalah adalah menggunakan mesin cuci sesuai dengan kapasitas yang telah ditetukan.

Semakin besar kapasitas pencuciannya, maka semakin banyak jumlah pakaian yang dapat dicuci, namun ini juga mempengaruhi seberapa besar energi listrik yang dikonsumsi mesin cuci. 

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Pakai Baking Soda, Ampuh Atasi Jamur Dan Kotoran

BACA JUGA : Teknologi Canggih pada Merek Mesin Cuci Terbaik Samsung, Apa Saja Itu? Simak Disini

Agar hemat energi, sebaiknya Anda menggunakan mesin cuci dengan kapasitas optimal. Pasalnya, mesin cuci akan tetap menggunakan jumlah energi yang sama sebanyak apa pun jumlah pakaian yang dicuci. 

Untuk mesin cuci kapasitas 7 kg biasanya mampu mencuci sebanyak 35 kaus dalam satu siklus. Kemudian, mesin cuci berkapasitas 9 kg bisa mencuci hingga 45 buah kaus.

Oleh karena itu, hindari menggunakan mesin cuci melebihi kapasitasnya. Sebab, hal ini dapat menyebabkan tekanan berlebih pada mesin cuci yang akan meningkatkan penggunaan energi. 

4. Rutin merawat mesin cuci 

Tips lainnya yang perlu dilakukan adalah merawat mesin cuci secara rutin agar tetap dalam kondisi prima sehingga tidak cepat rusak.

Selain itu, perawatan rutin juga dapat mencegah kebocoran atau sumbatan pada saluran air mesin cuci sehingga penggunaan air bisa lebih efisien.

Untuk merawat mesin cuci, Anda bisa memulainya dengan membersihkan filter secara teratur sehingga tidak mengalami penyumbatan yang dapat menghambat kinerja mesin. 

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Goyang Dan Berisik

BACA JUGA : Tips Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Cara Tradisional

Kemudian, jalankan siklus pencucian kosong dengan menggunakan campuran dua cangkir cuka putih dan air panas.

Kategori :