4 Cara Mengatasi Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bau Gosong

Kamis 26-09-2024,11:51 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Hal yang akan membuat kamu khawatir terhadap peralatan elektronik mesin cuci salah satunya yaitu ketika merek mesin cuci terbaik kamu muncul bau gosong.

Merek mesin cuci terbaik bisa menimbulkan bau gosong disebabkan karena beberapa faktor. Bisa jadi sebab adanya kebakaran atau ada tekanan yang berlebih sehingga membuat mesin cuci terlalu panas.

Bagian yang bergerak dari merek mesin cuci terbaik seringkali dikaitkan dengan sabuk karet. Kelebihan tekanan bisa berakibat muncul bau seperti karet terbakar di sekitarnya.

Kamu wajib waspada saat merek mesin cuci terbaik kamu mengeluarkan bau seperti terbakar. Jika hal ini tidak segera diatasi, maka bisa mengakibatkan mesin cuci kamu rusak.

BACA JUGA : 7 Kondisi Merek Mesin Cuci Terbaik Perlu Dibawa Ke Tukang Servis

BACA JUGA : Penyebab Air Merek Mesin Cuci Terbaik Untuk Bilas Tidak Mau Keluar, Ini Solusinya

Pada bagian merek mesin cuci terbaik yang rentan untuk menimbulkan bau terbakar salah satunya yaitu pada bagian pengering mesin cuci.

Bau terbakar yang muncul dari pengering merek mesin cuci terbaik bisa jadi disebabkan oleh penumpukan serat atau ada masalah umum yang lainnya. Misal sebab motor, termostat, atau sabuk yang kondisinya rusak.

Kamu juga perlu waspada karena pengering pakaian bisa menjadi penyebab 2.900 rumah kebakaran per tahun. Sepertiga dari kasus kebakaran tersebut akibat dari pengering mesin cuci yang mengalami penumpukan serat secara berlebihan.

Berikut ini cara mengatasi mesin cuci yang bau terbakar di bagian pengeringnya :

1. Bersihkan penumpukan serat

Jika kamumelihat terdapat penumpukan serat pada pengering mesin cuci kamu, maka sebaiknya kamu segera membersihkan serat tersebut.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bergetar Kencang Saat Mengeringkan Baju

BACA JUGA : Perbandingan Baju Dan Air Di Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Tidak Overload

Kamu bisa pakai sambungan selang vakum guna membersihkan serat sebanyak mungkin. Kamu juga harus dengan hati-hati ketika menyedot debu motor dan juga elemen pemanas.

Kamu jangan sampai lupa juga untuk membersihkan di bagian dinding dalam di bagian rumah kmau dan lantai di bagian bawah mesin cuci.

Lepas selang ventilasi dan kibaskan kotoran serta serat darinya. Setelah sudah selesai, coba kamu pasang kembali pengering mesin cuci dan hidupkan. Apakah masih ada bau gosong atau baunya sudah menghilang.

2. Mengganti termostat

Apabila mesin pengering menimbulkan bau seperti gosong tapi penyebabnya bukan karena adanya penumpukan serat, maka bisa jadi penyebab hal itu karena kegagalan pada termostat.

BACA JUGA : Tips Agar Pakaian Yang Dicuci Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Bau Apek

BACA JUGA : Cara Mengatasi Merek Mesin Cuci Terbaik Bergoyang Saat Pengeringan, Begini Penyebabnya

Saat termostat pengering mesin cuci mengalami kerusakan, maka tidak akan bisa merasakan ataupun mengontrol suhu yang ada di dalam mesin pengering.

Sehingga kondisinya dapat menjadi terlalu panas dan melepaskan termostat dari pengering. Jika termostat ternyata sudah rusak, maka harus diganti segera.

3. Mengganti sabuk penggerak karet

Pada merek mesin cuci terbaik keluaran lama, kebanyakan yang memakai sabuk penggerak karet guna memutar drum. Apabila sabuk kondisinya sudah tua, maka bisa saja sabuk tersebut terlepas dari tempatnya.

Sabuk dapat meleleh sebab terjadi gesekan ataupun bersentuhan dengan elemen yang panas. Sehingga hal itu menyebabkan mesin cuci jadi bau gosong.

Lebih baik kamu segera mengganti sabuk penggerak karet tersebut dengan sabuk yang baru jika ditemukan tadanya tanda - tanda mengering, aus, meleleh ataupun retak.

BACA JUGA : Kebiasaan Buruk Yang Menyebabkan Merek Mesin Cuci Terbaik Cepat Rusak

BACA JUGA : Tips Meletakkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Benar Dan Manfaatnya

4. Mengganti motor

Motor pengering yang kondisinya sudah tua bisa saja mengalami terbakar dan akan menimbulkan bau. Apabila motor pengeringnya rusak, maka hal itu seringnya ditandai dengan kemunculan bau gosong disertai dengan adanya suara yang brisik. Lebih baik kamu segera mengganti motor yang harus dilakukan oleh teknisi yang profesional.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi pengering merek mesin cuci terbaik yang muncul bau seperti gosong. Semoga bermanfaat.

Kategori :