Cara Mencegah Pakaian Kusut Saat Dikeringkan Di Merek Mesin Cuci Terbaik

Selasa 24-09-2024,13:56 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Kamu mungkin sering kali mendapatkan pakaian yang kusut setelah dikeringkan di pengering merek mesin cuci terbaik.

Pakaian yang kusut saat dikeringkan di merek mesin cuci terbaik menjadi sebuah masalah yang umum terjadi, tapi hal itu bisa diatasi dengan mengikuti beberapa langkah yang mudah.

Penyebab dari kusutnya pakaian setelah dikeringkan dalam merek mesin cuci terbaik bisa jadi sebab kamu tidak memisahkan pakaian sebelumnya.

Misal mencampurkan pakaian yang berat, ringan, dan halus, serta pakaian yang kasar secara bersamaan di mesin pengering merek mesin cuci terbaik.

BACA JUGA : Tips Meletakkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Benar Dan Manfaatnya

BACA JUGA : Tips Agar Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Mudah Rusak

Hal itulah yang membuat mesin pengering  merek mesin cuci terbaik kamu jadi mengeluarkan pakaian yang kusut seperti halnya pakaian yang tidak disetrika.

Selain itu bisa juga karena mencuci pakaian di merek mesin cuci terbaik menggunakan air yang telalu panas. Tetapi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah ini.

Berikut cara mencegah pakaian kusut saat di pengering di mesin cuci :

1. Jangan Membebani dengan Terlalu Banyak Pakaian

Pakaian yang berada di dalam mesin cuci dengan jumlah yang banyak hanya akan membuat kondisi pakaian tersebut jadi makin kusut. Selain itu, pakaian yang dicuci juga tidak bisa kering dengan efektif apabila muatan drum kelebihan.

Hal itu sebab ada aliran udara yang sudah berkurang di dalam siklus. Pada dasarnya panas tidak bisa mencapai inti dari cucian, jadi hanya di bagian luarnya saja yang dapat dikeringkan.

BACA JUGA : Tips Agar Pakaian Yang Dicuci Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Bau Apek

BACA JUGA : Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik Dan Cara Menghilangkan Karat Yang Membandel

Sebab perputaran yang terjadi di dalam tabung akan lebih sedikit, di bagian luar cucian juga bisa terpapar panas dengan berlebihan, yang berakibat terjadinya kerusakan.

Umumnya, drum yang kelebihan muatan juga jadi hal yang tidak baik untuk mesin pengering pakaian. Mesin cuci harus bekerja ekstra keras guna mengeringkan beban pakaian dan akan membutuhkan energi yang lebih banyak untuk melakukannya.

2. Urai dan Peras Pakaian sesudah Dicuci

Memang cukup menggoda jika kamu memasukkan cucian yang basah langsung ke dalam mesin pengering pakaian. Namun hal itu bisa membuat pakaian yang keluar dalam keadaan yang masih sama.

Luangkanlah waktu untuk mengurai pakaian dan memeras tiap pakaian sebelum kamu memasukkannya ke dalam mesin pengering pakaian.

Hal itu akan membantu dagar aliran udara bisa mencapai semua permukaan material secara lebih efektif. Sekaligus guna mencegah kerutan yang terbentuk secara mudah di cucian.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Pakai Cuka

BACA JUGA : Takaran Detergen Untuk Merek Mesin Cuci Terbaik Portable Yang Tepat

3. Sortir Cucian

Untuk mencegah terjadinya kerutan di pakaian, kamu perlu menyortir pakaian terlebih dahulu sesuai dengan ukurannya. Misal pakaian yang besar dan pakaian yang kecil dikeringkan secara terpisah.

Jadi, kamu bisa mencuci handuk, sprei, dan barang yang besar lainnya pada satu siklus, dan barang yang biasa digunakan sehari-hari yang ukurannya lebih kecil pada siklus yang lain.

Listrik statis juga bisa menjadi penyebab pakaian kusut di dalam mesin pengering. Ketika berbagai benda bersentuhan dan kemudian menghasilkan muatan statis, maka benda-benda tersebut akhirnya akan menempel satu sama lain yang akan mendorong simpul dan kusut.

Kamu bisa gunakan lembar pengering guna meminimalkan statis, meski hal ini tidak ramah untuk lingkungan. Sebagai gantinya, kamu bisa menambahkan sampai 1/2 cangkir cuka putih suling ke dalam siklus bilas mesin cuci guna mengurangi statis.

BACA JUGA : Cara Mencuci Boneka Di Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Bersih Sempurna

BACA JUGA : Penyebab Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Berisik, Begini Cara Mengatasinya

4. Tambahkan Pelembut Kain ketika Mencuci Pakaian

Pelembut kain tak cuma bisa membuat pakaian jadi harum dan lebih lembut, tapi juga bisa membantu dalam mengurangi terbentuknya kerutan.

Tambah beberapa pelembut di tiap kali pakaian dikeringkan untuk melihat perbedaannya. Beberapa deterjen sudah dibekali dengan pelembut, sehingga kamu tidak perlu kerepotan ketika akan mengeringkan pakaian dengan memberi pelembut lagi.

5. Segera Lipat Pakaian

Setelah pakaian selesai,  segera dikeringkan dan segera dilipat sebab hal ini bisa membantu mencegah terjadinya kerutan dan lipatan lagi.

Kemeja, blus, mantel, jaket, dan beberapa atasan harus digantung pada gantungan baju. Tarik item pakaian ini dengan lurus sehingga akan membuat kerutan bisa dihilangkan.

Apabila mereka kondisinya jadi sedikit terlalu kering, maka kamu semprotkan sedikit air dingin sebab hal ini akan membuat serat pakaian jadi sedikit lebih longgar.

BACA JUGA : Cukup Pakai Bahan Alami, Berikut Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Mudah

BACA JUGA : Tips Dan Rekomendasi Pewangi Pakaian Untuk Merek Mesin Cuci Terbaik, Wangi Seperti Dilaundry

Setelah pakaian sudah dilipat, lalu simpan pakaian dengan sesegera mungkin supaya tidak gampang kusut lagi.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk mencegah pakaian kusut saat dikeringkan di dalam merek mesin cuci terbaik. Semoga bermanfaat.

Kategori :