Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik Dan Cara Menghilangkan Karat Yang Membandel

Senin 23-09-2024,09:28 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Karat yang terdapat di merek mesin cuci terbaik memang bisa menjadi sebuah masalah yang membuat penggunanya frustasi.

Terdapat berbagai penyebab karat bisa mulai muncul di merek mesin cuci terbaik seperti kebersihan mesin cuci yang buruk, kelembapan di mesin cuci yang tinggi, dan banyak lagi lainnya.

Dengan kamu mengetahui kemungkinan sumber dari masalah merek mesin cuci terbaik yang berkarat, itu bisa membantu kita untuk melihat apakah ada solusinya.

Jika noda karat yang membandel pada merek mesin cuci terbaik tidak segera ditangani, maka hal ini dapat berpengaruh pada pencucian. Yang hingga akhirnya juga dapat menimbulkan sebuah kerusakan dalam jangka waktu yang panjang.

BACA JUGA : Cara Mencuci Boneka Di Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Bersih Sempurna

BACA JUGA : Takaran Detergen Untuk Merek Mesin Cuci Terbaik Portable Yang Tepat

Cara Menghilangkan Karat di Mesin Cuci

Kamu tak perlu khawatir bila kamu melihat noda karat pada mesin cuci. Karena hal itu merupakan masalah umum yang mudah untuk dihilangkan. Kamu bisa pakai bahan rumahan seperti jus lemon atau cuka putih.

Siapkan bahan dan alat antara lain pembersih abrasif, kain yang lembut, larutan penghilang karat atau cuka putih, dan air.

Berikut langkah demi langkah menghilangkan karat pada mesin cuci :

1. Temukan area yang ada karatnya

Pertama kamu mulai dengan mencabut kabel mesin cuci dan keluarkan semua pakaian atau cucian yang ada di dalamnya. Cari area di dalam bak cuci di mana karat sudah mengakibatkan kerusakan.

Untuk bintik-bintik kecil, kamu hanya cukup gunakan kain lembut yang dicelupkan ke dalam larutan cuka. Untuk area yang ada karatnya yang lebih luas, mungkin kamu perlu gunakan pembersih abrasif.

BACA JUGA : Perhatikan Ini Saat Membeli Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Baru

BACA JUGA : Tips Dan Rekomendasi Pewangi Pakaian Untuk Merek Mesin Cuci Terbaik, Wangi Seperti Dilaundry

2. Mulailah membersihkan permukaan

Setelah kamu sudah memutuskan metode pembersihan, lalu kamu campurkan larutan setengah bagian dari air dan cuka putih untuk langkah yang pertama.

Selanjutnya, kamu oleskan larutan tersebut pada bagian yang terdapat karatnya dan gosok selama 2 menit dengan menggunakan sikat atau kain yang lembut.

Lalu, letakkan beberapa larutan lagi pada area yang terkena karat dan tunggu dalam waktu sekitar 30 menit sampai larutan tersebut mengendap.

Kemudian, kamu bilas di area tersebut pakai air yang bersih dan keringkan pakai lap yang bersih. Ulangi cara di atas apabila noda karatnya masih tampak.

BACA JUGA : Cukup Pakai Bahan Alami, Berikut Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Mudah

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Pakai Cuka

Apabila karatnya terlalu kuat atau membandel, maka kamu jangan mengulangi langkah di atas. Tapi kamu pilih pembersih abrasif komersial.

Kamu hanya perlu mengoleskan larutan di permukaan yang terkena karat dengan menggunakan sikat dan gosok secara lembut.

Diamkan dalam waktu selama 20 menit, kemudian kamu gosok lagi selama 5 menit. Terakhir, permukaan dibersihkan dengan menggunakan spons atau kain yang lembap.

3. Jalankan siklus kosong

Colokkan merek mesin cuci terbaik dan mulailah siklus kosong dengan cara tambahkan satu cangkir cuka guna memastikannya sudah dibersihkan dengan menyeluruh.

Setelah siklus telah selesai, lalu kamu seka drum di bagian dalam menggunakan kain kering. Terakhir, kamu biarkan pintu mesin cuci agar terbuka sampai mengering dengan merata.

BACA JUGA : Tips Mudah Membersihkan Filter Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Tidak Karatan

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Tidak Berputar Hanya Berdengung

Berikut tips merawat mesin cuci :

Guna menghindari terjadinya kerusakan dan timbulnya karat di merek mesin cuci terbaik, maka kamu perlu menerapkan langkah perawatan berikut ini.

- Selalu bilas tabung besar menggunakan air bersih. Pastikan tidak ada sisa atau residu detergen yang masih terjebak di dalamnya.

- Seka dinding tabung besar yang kondisinya basah menggunakan sepotong kain hingga kondisinya benar-benar kering. Air juga dapat menimbulkan kerak.

Meskipun telah dibersihkan, biasanya tube masih basah sehingga lebih baik tube tidak ditutup, biarkan tube terbuka selama 15 hingga 30 menit supaya benar-benar kering.

Terapkan metode yang sama seperti di atas untuk tabung yang kecil, tapi kamu perlu gunakan kain potong baru.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Tabung Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Awet Dipakai, Tanpa Dibongkar

BACA JUGA : Tips Penggunaan Merek Mesin Cuci Terbaik Modern Dengan Fitur Canggih Agar Tidak Rusak

- Jangan kamu gunakan yang sama dengan yang dipakai sebelumnya dan biarkan dalam posisi terbuka selama 15 sampai 30 menit sampai mengering.

-Setelah kamu selesai mencuci, secepatnya ambil pakaian. Pakaian yang basah dan lembap bisa menimbulkan kerak yang lain pada dinding tabung.

- Selalu lap secara bersih dan keseluruhan, baik itu di bagian dalam ataupun di bagian luar mesin cuci. Kerak bisa saja muncul di mana saja di mesin cuci. Selama terdapat sisa air, di situlah kerak akan muncul.

- Letakkan mesin cuci di lokasi yang kering. Lembap juga jadi faktor utama adanya kerak.

Itulah beberapa tips merawat dan menghilangkan karat yang membandel pada merek mesin cuci terbaik. Semoga bermanfaat.

Kategori :