Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Pakai Cuka

Sabtu 21-09-2024,17:50 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Mungkin sebagian orang masih sering mengabaikan perawatan pada merek mesin cuci terbaik di rumah. Perlu kamu ketahui kalau mesin cuci perlu dibersihkan dengan rutin.

Debu, kotoran, jamur, lumut,  dan gumpalan sabun bisa menumpuk di dalam merek mesin terbaik. Sehingga bisa mencegahnya bekerja dengan efisien dan membuat pakaian jadi kotor dan bau.

Oleh karena itulah, kamu perlu merawat merek mesin terbaik dengan cara membersihkannya secara teratur. Ada banyak cara yang bida dilakukan untuk membersihkan mesin cuci.

Kamu tidak perlu bersusah payah, sebab ada banyak bahan di rumah yang dapat kamu gunakan untuk memberishkan merek mesin cuci terbaik, salah satunya yaitu cuka.

BACA JUGA : Cara Mencuci Jeans Di Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar

BACA JUGA : Tips Mencuci Pakaian Dalam Di Merek Mesin Cuci Terbaik, Agar Bersih dan Awet

Cara Membersihkan Mesin Cuci Pakai Cuka

Lingkungan di dalam merek mesin cuci terbaik yang kondisinya basah dan hangat menjadi tempat yang sempurna untuk berkembang biak jamur dan lumut.

Tetapi dengan bantuan cuka bisa membersihkan merek mesin cuci terbaik dengan sangat mudah. Cuka putih bermanfaat untuk pembersih alami yang dapat dijadikan pilihan.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan seperti :

- 500 ml cuka putih

- 1 sikat gigi (opsional)

- 1 kain pembersih

- baking soda 1 hingga 3 sendok teh (opsional)

BACA JUGA : Cara Mencuci Tas Ransel Di Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Tips Mencuci Dan Mengeringkan Sepatu Di Merek Mesin Cuci Terbaik

Langkah-langkah untuk membersihkan mesin cuci pakai cuka, sebagai berikut :

Pakai kain yang bersih yang sudah tak terpakai. Lalu kamu celupkan handuk di dalam campuran.

Mulai menggosok jamur yang nampak. Pastikan kamu juga membersihkan dispenser deterjen dan area di sekitar gasket.

Kamu juga dapat membersihkan segel pintu yang merupakan bagian dari area mesin yang kondisinya paling kotor sebab banyak orang yang mengabaikannya.

Selain kain, kamu bisa juga gunakan sikat gigi. Pastikan kamu mengupas lapisan belakang segel guna memperoleh setiap celah dan sudut.

Apabila ada jamur yang kondisinya sangat membandel, kamu bisa taburkan 1 sendok teh baking soda di atasnya kemudian gosok menggunakan sikat gigi yang sudah dibasahi dengan cuka.

BACA JUGA : Tips Penggunaan Merek Mesin Cuci Terbaik Modern Dengan Fitur Canggih Agar Tidak Rusak

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Menggunakan Lemon

Hal itu akan membuat timbulnya reaksi dan dapat menghasilkan busa yang bisa membantu untuk mengangkat cetakan. Lalu kamu bersihkan menggunakan kain untuk menghilangkan jamur dan busa.

Setelah kamu selesai membersihkan drum menggunakan kain, sekarang saatnya kamu harus mengisi laci deterjen dengan cuka supaya drum keadaannya benar-benar bersih.

Cara membersihkan drum yang benar yaitu isilah laci deterjen utama dengan 250ml sampai 500ml cuka putih. Hal itu akan membantu menghilangkan kerak dan akan memecah tumpukan detergen pakaian yang terdapat di dalam mesin.

Stel mesin di siklus paling panas, lalu jalankan mesin dalam kondisi yang kosong. Cara ini tidak hanya bisa membuat mesin cuci jadi bersih, tapi juga bisa mensterilkannya.

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Noda Karat Di Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Tips Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Cepat

Pakai handuk lama yang lainnya dan seka seluruh kelembapan yang ada di mesin cuci termasuk pada drum, segel, dispenser, dan di area yang lain yang bisa dijangkau.

Biarkan pintu mesin cuci dalam keadaan terbuka supaya aliran udara dapat mengeringkan bagian mesin cuci yang baru saja dibersihkan.

Kamu juga bisa melakukan pembersihan mesin cuci seminggu 1 kali atau 2 kali, tergantung seberapa sering kamu menggunakannya.

Apabila kamu tidak sering menggunakan mesin cuci, sebaiknya kamu membersihkan bagian dalam ataupun luar mesin cuci satau bulan sekali.

BACA JUGA : Cara Aman Mencuci Sprei Di Merek Mesin Cuci Terbaik, Dijamin Bersih Wangi

BACA JUGA : Cara Mencuci Pakaian Berkancing Di Merek Mesin Cuci Terbaik

Tanda yang dapat dikenali kalau kamu sudah waktunya untuk membersihkan mesin cuci yaitu saat pakaian yang dicuci hasilnya tidak sebersih yang seharusnya.

Itulah beberapa yang dapat kamu terapkan dalam membersihkan merek mesin cuci terbaik pakai cuka. Semoga bermanfaat.

Kategori :